Bantul Waspadai Potensi Bencana dari Laut Selatan

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
25 April 2021 23:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Masyarakat di Kabupaten Bantul perlu mewaspadai adanya potensi bencana gempa dan tsunami. Selain itu, di Bantul terdapat ancaman lainya, seperti banjir hingga tanah longsor.

Ketua Forum Penguragan Risiko Bencana (FPRB) Bantul, Waljito mengatakan melihat banyaknya potensi bencana tersebut, maka 3.500 anggotanya harus siap siaga.

"Sebab segala kemungkinan bencana bisa saja terjadi. Salah satunya potensi bencana di laut selatan," katanya di sela-sela apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di Pantai Cemara Sewu Parangtritis Kretek Bantul, Minggu (25/4/2021) sore.

Menurut Waljito, hampir semua anggotanya telahdibekali kemampuan mengantisipasi segala potensi bencana alam. Baik, kemampuan mitigasi maupun ketrampilan lainnya.

"Selain itu kami juga terus bekerjasama dengan TNI, Polri, relawan dan masyarakat untuk meminimalisasi dan menanggulangi bencana," paparnya.

BACA JUGA: Halau Pemudik, 11 Titik Perbatasan di DIY Dijaga Polisi

Sementara Bupati Bantul mengaku bangga atas kekompakan dari para relawan yang bahu membahu mengatasi dan menanggulangi bencana. Padahal, potensi bencana di Bantul cukup banyak.

"Oleh karena itu partisipasi dari rekan-rekan relawan sangat dibutuhkan. Selain itu peningkatan keahlian melalui diklat dan simulasi harus ditingkatkan," kata Halim.