Sibuk Buka Puasa, Warga di Gunungkidul Tak sadar Motor di Teras Rumah Digondol Maling

Ilustrasi. - Freepik
06 Mei 2021 20:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kasus pencurian bermotor terjadi di Dusun Kenteng, Wiladeg, Karangmojo pada Rabu (5/6/2021) petang. Aksi ini tergolong nekat karena dilakukan pada saat korban tengah berbuka puasa di rumah.

Pencurian ini bermula saat Nur Fitri,31, pulang dari masjid dengan mengendarai sepeda motor Honda Vari AB 5212 SM. Sesampainya di rumah, motor langsung diparkirkan di teras.

Usai menyandarkan kendaraannya, korban langsung masuk ke dalam rumah, tanpa mengambil kunci yang tergantung di motor. Peristiwa pencurian ini diketahui pada saat anggota keluarga akan membeli pulsa token listrik.

BACA JUGA: Pelarangan Mudik Benar-Benar Diberlakukan, Puluhan Mobil di Sleman Terpaksa Putar Balik

Namun nahasnya, pada saat akan digunakan, sepeda motor matik warna hitam ini sudah dibawa kabur pencuri. Peristiwa ini pun sudah dilaporkan dan proses penyelidikan di Mapolsek Karangmojo.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto mengatakan, kasus masih dalam penanganan. Menurut dia, berdasarkan hasil pemeriksaan, aksi ini terhitung nekat karena pelaku mengambil pada saat korban berada di rumah. Diduga keluarga korban sedang fokus untuk berbuka puasa sehingga tidak menyadari sepeda motor dibawa pencuri.

“Ada keluarga yang mendegar orang membunyikan sepeda motor. Dikirannya ada anggota lain yang menggunakan, tapi ternyata yang menghidupkan adalah pencuri,” katanya, Kamis (6/5/2021).

Dia berharap kepada masyarakat untuk lebih waspada. Pasalnya, pada saat puasa angka kriminalitas mengalami peningkatan. Kewaspadaan bisa dilakukan untuk tidak menaruh barang berharga secara sembarangan atau tidak melepas kunci saat memarkir kendaraan. “Harus berhati-hati sehingga tidak menjadi korban pencurian,” katanya.