Sempat Kabur, Pencuri Kayu di Gunungkidul Akhirnya Dicokok Polisi

Ilustrasi. - Freepik
09 Mei 2021 19:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Jajaran Polsek Paliyan berhasil mengungkap kawanan pencuri kayu di Petak 149, RPH Giring, Kapanewon Paliyan, Minggu (9/5/2021) pagi. Sayangnya dari tiga pelaku, polisi baru menangkap seseorang berinisial YT,32, asal Ngeposari, Kapanewon Semanu.

Kapolsek Paliyan, AKP Edi Purnomo mengatakan, upaya pencurian kayu sono di kawasan hutan ini diketahui oleh petugas kehutanan yang melakukan patroli, Sabtu (8/5/2021). Pada saat berkeleliling, petugas mendengar suara gergaji kayu di tengah hutan sehingga dilakukan pengintaian.

Menurut Edy, para pelaku tidak langsung ditangkap karena hingga kayu sono diangkut menggunakan pikap. Nahasnya, pada saat disergap tiga pencuri ini berhasil kabur meninggalkan pikap untuk mengangkut kayu hasil curian. “Kejadian di petak 149 RPH Giring,” kata Edy, Minggu.

BACA JUGA: Konsumsi Ganja, Mahasiswa di Seturan Sleman Diciduk Polisi

Upaya penyergapan yang gagal pun langsung dilaporkan ke Mapolsek Paliyan untuk pengembangan. Hasil laporan dijadikan dasar untuk penyelidikan dan menangkap para pelaku. “Langsung kami terjunkan personel dan akhirnya mengambankan YT yang berada di Kalurahan Pampang pagi-pagi,” ungkapnya.

Menurut dia, YT telah diinterograsi dan mengakui sebagai pelaku pencurian di petak 149. “Yang dua orang berhasil kabur dan sekarang masih dalam pencarian,” katanya.

Selain mengamankan satu pelaku pencurian, polisi juga menemukan barang bukti berupa pikap warna putih AB 8694 DU, dua gergaji, satu terpal dan enam potongan kayu sono. “Semua sudah kami amankan di mapolsek. Untuk pelaku akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” kata Edi.