Jogja Akan Lanjutkan Pembelajaran Tatap Muka

PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
18 Mei 2021 16:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja akan melanjutkan pembelajaran tatap muka (PTM) bertahap pada tahun ajaran baru ini. Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, PTM berlangsung mulai 20 Mei 2021.

"Jadi kami mulai bertahap," kata Haryadi, Selasa (18/5/2021).

BACA JUGA: Petani Gunungkidul Sedot Air Kali untuk Selamatkan Lahan Pertanian

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Jogja, Budi Santoso Asrori, PTM akan berlangsung di sepuluh sekolah yang sebelumnya menjalankan simulasi PTM pada 26 April sampai 7 Mei 2021. Sepuluh sekolah ini yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lempuyangwangi, SDN Margoyasan, SD Muhammadiyah Karangkajen, SDN Serayu, dan SDN Tegalrejo I. Sementara untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu SMPN 1 Jogja, SMPN 7 Jogja SMPN 8 Jogja, SMPN 9 Jogja, dan SMPN 15 Jogja.

Sebelum memulai PTM, akan ada pendataan kepada murid-murid karena sebelumnya mereka libur lebaran. "Pendataan misalnya anak pergi ke mana, keluar kota, keluar DIY, atau kah menerima tamu dari luar DIY, kemudian apakah pergi ke tempat wisata, apakah di daerah-daerah ada yang kena Covid-19 misalnya radius tertentu dari rumah ada yang kena Covid-19, kemudian kondisinya sehat atau tidak anak tersebut dengan keluarga. Kami baru lakukan pendataan-pendataan," kata Budi.

Hasil dari screening akan menjadi pertimbangan kebijakan PTM. Lantaran screening ini mengandalkan kejujuran, Budi berharap semua orang tua murid bisa jujur.

"Yang penting data dulu, data itu untuk ambil keputusan," kata Budi.

Menurut Kepala Sekolah SDN Serayu, Marsono, saat ini sekolahnya masih dalam proses pendataan.