Jadi Percontohan, KUA Sewon Kini Urus Wakaf hingga Kerukunan Umat Beragama

Staf khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo bersama Tim Revitalisasi KUA Kemenag RI, Alisa Wachid melakukan pendampingan Kick Off Revitalisasi KUA di Kantor KUA Kapanewon Sewon pada Jumat (21/5/2021). - Ist.
27 Mei 2021 08:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kantor Urusan Agama (KUA) Sewon, Bantul menjadi satu dari enam role model revitalisasi KUA se-Indonesia. Enam KUA percontohan ini akan menangani berbagai urusan keagamaan, dari bab nikah sampai moderasi beragama.

Kepala Kemanag Bantul, Aidi Johansyah menerangkan revitalisasi KUA merupakan peningkatan pelayan umat yang ditangani oleh KUA. "Jadi ada program namanya KUA Pusaka. KUA menjadi pusat layanan keagamaan yang ada di Kapanewon," tuturnya Rabu (26/5/2021).

Dari segi fisik, KUA Sewon sudah mendapat perbaikan sarana dan prasarana guna menunjang pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, KUA Sewon sebagai role model revitalisaai KUA kedepannya akan melaksanakan banyak program keagamaan yang tidak hanya berkutat di persoalan nikah saja.

BACA JUGA : Begini Awal Mula Kasus Corona di KUA Danurejan 

"Selama ini kan KUA identik dengan urusan asmara, urusan pernikahan. Ke depan itu KUA tidak hanya mengurusi itu. Mengurusi zakat dan wakaf, kemudian kerukunan umat beragama," imbuhnya.

Sebagai role model, Aidi menuturkan nila KUA Sewon nantinya harus tahu bagaimana kondisi keagamaan masyarakat di wilayah itu.

"Jadi harus aktif. Moderasi beragama juga. Fungsi keagamaanya kita kuatkan, tidak hanya mengurusi pernikahan. Tetapi juga bagaimana mengurusi moderasi beragama, perekonomian umat beragama, dan sebagainya. Sehingga banyak tugas dan fungsi KUA nanti," tandasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan sangat berterima kasih atas dukungan Kemenag RI untuk mewujudkan pelayanan prima dari revitalisasi KUA Sewon. "Semoga KUA Sewon menjadi prototype revitalisasi KUA di Indonesia dan bisa direplikasi KUA lainnya. Bisa memberikan layanan prima pada masyarakat," tambahnya.

Staf khusus Menag RI, Wibowo Prasetyo, menyampaikan bila enam KUA yang dijadikan role model telah melalui berbagai macam uji kelayakan dan memenuhi syarat layanan publik. Guna melakukan revitalisasi pada 100 KUA di Indonesia, Wibowo membutuhkan role model sebagai percontohan.

BACA JUGA : Begini Kronologi Lima Pegawai KUA Danurejan Positif Covid

"Kami pun menetapkan enam KUA yang telah memenuhi syarat minimal layanan publik sebagai role model di antaranya KUA Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul. Saya merasakan adanya perubahan dan dinamisasi, serta telah adanya transformasi layanan di KUA Sewon," ujarnya