Meski Tak Ada Korban, Gempa Senin Subuh Sebabkan Sejumlah Bangunan di Gunungkidul Rusak

Ilustrasi. - Antara Foto
28 Juni 2021 15:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki memastikan gempa dengan magnitudo 5,1 di barat daya Gunungkidul mengakibatkan sejumlah kerusakan di beberapa titik. Meski demikian, ia memastikan dalam peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

“Terus kami pantau, namun hingga sekarang tidak ada laporan korban jiwa. Sekarang, kami juga masih menunggu laporan secara menyeluruh terkait dengan dampak yang diakibatkan dari gempa,” kata Edy, Senin (28/6/2021).

BACA JUGA: Singapura Anggap Covid-19 sebagai Flu Biasa, Ini Langkah yang Dilakukan..

Menurut dia, hingga sekarang sudah ada enam rumah di Kalurahan Giripurwo, Purwosari dan satu rumah di Songbanyu, Kapanewon Girisubo mengalami kerusakan. Selain itu, di Kalurahan Girisekar, Panggang ada 14 rumah yang rusak ringan. Sedangkan di Kalurahan Ngunut, Playen ada satu rumah rusak karena gempa yang terjadi pada Senin pagi.

Edy mengungkapkan, kerusakan yang terjadi dalam kategori ringan. Warga juga sudah bekerjabakti untuk memperbaiki kerusakan yang ada. “Kami juga sudah cek lokasi dan koordinasi dengan lurah dan panewu untuk memberikan bantuan logistik kepada masyarakat,” katanya.