Patung Polisi dan Superhero di Jogja Dipasangi Masker

Aktivis JCW, Baharuddin Kamba memasang masker ke patung polisi di Perempatan Jalan Sudirman, Sabtu (17/7/2021). - Istimewa
17 Juli 2021 18:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Aktivis sosial Jogja, Baharuddin Kamba, melakukan aksi simpatik sekaligus unik. Dia mengajak masyarakat menaati protokol kesehatan (prokes) dengan cara memasang masker pada patung polisi yang berada di Oerempatan Gramedia dan patung superhero di kawasan Titik Nol Kilometer Jogja, Sabtu  (17/7/2021) siang.

Baharuddin Kamba yang juga menjabat Kadiv Humas Jogja Police Watch (JPW) ini mengatakan aksi ini untuk mengajak masyarakat khususnya pengguna jalan raya agar senantiasa patuh terhadap prokes dan sekaligus sindiran kepada masyarakat yang masih abai terhadap aturan itu.

BACA JUGA: Covid Indonesia Hari Ini: Kasus Positif 51.952, Meninggal 1.092

"Patung polisi dan superhero saja memakai masker, masak masyarakat masih ada saja yang abai terhadap prokes dengan tidak menggunakan masker," katanya.

"Pesan edukasinya adalah mematuhi prokes dimulai dari kita sendiri baru mengajak orang lain. Jangan sampai penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berjilid-jilid tetapi masyarakat masih saja abai terhadap prokes," ujarnya.

Selain itu penegakan aturan harus dilaksanakan secara tegas tanpa pandang bulu namun tetap humanis. Dia menyebut kasus Satpol PP Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan yang menganiaya pemilik cafe seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi satgas penegakan aturan terkait prokes.

Selain memasangi masker patung polisi dan superhero, Kamba juga memasang spanduk bertuliskan ajakan untuk selalu patuh terhadap prokes. Tulisan tersebut ditempel pada sebuah karton berukuran sedang dan menggunakan tali rafia sebagai kalung.