20 Anggota Paskibra Gunungkidul Terpapar Virus Corona

Ilustrasi paskibraka di Istana Negara - JIBI/Abdullah Azzam
19 Agustus 2021 12:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Sedikitnya 20 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Gunungkidul terkonfirmasi virus corona. Empat orang dirawat di rumah sakit dan sisanya menjalani isolasi mandiri.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Ali Ridlo mengatakan, anggota paskibra yang terkonfirmasi positif corona diketahui pada Selasa (17/8/2021) malam.

Diketahui ada empat anggota yang mengalami gejala demam dan panas tinggi. Selanjutnya, keempat siswa ini dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari untuk menjalani pemeriksaan.

"Dibawa menggunakan ambulans dan setelah dicek ternyata terkonfirmasi Covid-19," kata Ali saat dihubungi wartawan, Kamis (19/8/2021).

BACA JUGA: Lesti Kejora-Rizky Billar Resmi Jadi Suami Istri

Adanya kasus konfirmasi positif di internal paskibra, maka langsung dilakukan tracing. Sebanyak 70 anggota paskibra ditambah pebdamping dan pelatih dilakukan pengetesan.

Adapun hasilnya, 16 anggota dinyatakan positif Corona melalui swab antigen. Meski demikian, sambung Ali, belasan anggota paskibra ini hanya menjalani isolasi mandiri di rumah karena tanpa gejala.

"Meski menjalani isolasi di rumah, kami tetap mengimbau agar asupan gizi tetap dijaga sehingga kesehatan tetap terjaga," katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip ini memastikan, penularan hanya terjadi pada anggota. Sedang dari kalangan pendamping maupun pelatih tidak ada yang terpapar Corona.
Ia menambahkan, upaya antisipasiagar terhindar dari virus Corona sebenarnya sudah dilakukan.

Hal ini dikarenakan sebelum menjalani pelatihan sudah dilakukan pengetesan dan hasilnya negatif. "Pada saat bertugas semua aman karena dapat menjalankan tugasnya dengan baik," katanya.