Penanganan Pasien Isoman Pakai Aplikasi Perpesanan

Salah seorang pasien Selter Tangguh Covid-19 Sumbermulyo selesai isolasi disambut sejumlah pihak termasuk Lurah Sumbermulyo pada Jumat (20/8/2021). - Istimewa/Pemkab Bantul
24 Agustus 2021 19:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Selter Tangguh Covid-19 Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul memanfaatkan aplikasi perpesanan Whatsapp Group dalam pemantauan. Langkah ini dinilai turut andil dalam penurunan jumlah isoman di Sumbermulyo.

Lurah Sumbermulyo, Ani Widayani menuturkan penggunaan fitur Whatsapp Group sangat membantu petugas maupun relawan berkomunikasi dengan pasien isoman. Komunikasi yang terjalin harmonis antara petugas Puskesmas dengan relawan Satgas Covid-19 Kalurahan membuat kasus turut menurun.

"Semua ini karena komunikasi yang harmonis dan kolaborasi yang diciptakan relawan puskesmas dan kalurahan, serta pasien memaksimalkan whatsapp group 24 jam," kata dia.

Pekan lalu setidaknya 44 pasien yang dirawat di Selter Tangguh Covid-19. Sebanyak 14 di antaranya sembuh. Ani mencatat total 296 pasien telah dirawat di Selter milik Kalurahan dalan kurun waktu Januari sampai Agustus. "Sempat terjadi lonjakan pada bulan Juli, hampir 95 pasien. Tetapi Agustus saat ini sudah mulai menurun," ujarnya pada Jumat (20/8/2021).

Panewu Bambanglipuro, Lukas Sumanasa, mewanti-wanti agar pasien isoman yang telah dinyatakan selesai isolasi tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. "Tetaplah jaga kesehatan, kuatkan iman, tingkatkan imun, dan jaga rasa aman dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan," tandasnya.