Penyandang Disabilitas jadi Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Penyandang disabilitas mendapatkan vaksin Covid-19. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
06 September 2021 08:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Kulonprogo melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada penyandang disabilitas pada Sabtu (4/9/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan di sejumlah titik termasuk di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kulonprogo. Penyandang disabilitas menjadi prioritas penerima vaksinasi Covid-19 karena masuk dalam kategori kelompok rentan.

Ketua TP PKK Kabupaten Kulonprogo Sri Wahyu Widhati menyampaikan kegiatan vaksinasi tersebut selain sebagai antisipasi risiko paparan Covid-19 terhadap penyandang disabilitas, juga merupakan tindak lanjut dari arahan program TP PKK Pemprov DIY terkait percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas.

Baca juga: Pintu Masuk Parangtritis Disekat, Pengunjung Putar Balik

Guna memudahkan mobilisasi dan koordinasi, selain dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, program vaksinasi tersebut dilaksanakan juga secara serentak di sepuluh Kapanewon dengan bekerjasama antara puskesmas di masing-masing wilayah.

"Total kuota vaksin yang diberikan sejumlah 500 dosis vaksin, yang terbagi menjadi 100 dosis di pendopo, dan 400 vaksin untuk 10 kapanewon. Kita mengupayakan semoga kedepannya bisa ada kuota tambahan bagi penyandang disabilitas lainya, karena mereka juga punya hak vaksin yang sama dengan kita," imbuh Sri.

Senada dengan Ketua TP PKK Kulonprogo, Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan upaya vaksinasi kepada penyandang disabilitas merupakan komitmen yang sangat luhur dari TP PKK dalam rangka memenuhi hak-hak penyandang disabilitas sebagai warga negara.

Baca juga: Tes CPNS di Gunungkidul Dijadwalkan 19 September

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini merupakan bagian amal, bakti dan sumbangsih kita bagi rekan-rekan penyandang disabilitas," kata Sutedjo.

Sementara itu, Waka I TP PKK Provinsi DIY GKBRAy Adipati Paku Alam menyampaikan apresiasinya atas upaya percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Kulonprogo yang telah berjalan lancar dan sukses.

Menurutnya, upaya tersebut sangat positif mengingat kaum disabilitas merupakan kelompok yang rentan, sehingga vaksinasi dirasa perlu untuk disegerakan.

"Kita merangkul mereka untuk mendapatkan vaksinasi, memang tidak seberapa jumlah penerimanya jika dibandingkan dengan jumlah total disabilitas di DIY, namun kita terus upayakan vaksinasi untuk mereka," terang GKBRAy Adipati Paku Alam.

GKBR Ayu juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung vaksinasi dikarenakan banyak nilai positif yang bisa diperoleh setelah menerima vaksinasi serta guna mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran, dampak dan resiko terpapar Covid-19.