Goa Selarong Diajukan Jadi Cagar Budaya

Gua Selarong, Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
22 Oktober 2021 10:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Goa Selarong kini tengah dalam proses pengajuan sebagai cagar budaya. Beberapa perubahan nantinya akan dilakukan di goa ini pasca diterapkan sebagai cagar budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setyanto menyampaikan bila proses pengajuan Goa Selarong sebagai Cagar Budaya masih terus berlangsug. Saat ini progres masih berada pada tahap penandatanganan oleh Bupati Bantul.

"Masih proses ditanda tangani pak Bupati. Tentang penetapannya sebagai cagar budaya. Saat ini tanda tangan belum turun, tapi sudah kita ajukan," tuturnya pada Kamis (21/10/2021).

Nugroho berharap tahun ini penetapan Goa Selarong sebagai cagar budaya bisa terpenuhi. "Target tahun ini Insyaallah sudah ditetapkakan sebagai cagar budaya," tandasnya.

Baca juga: Ingat! Bus Wisata Masuk Jogja Harus Kantongi Tiket dari Terminal Giwangan

Penambahan beberapa papan informasi rencananya bakal dilakukan di beberapa sudut Goa Selarong. Pemasangan tersebut diharapkan dapat menambah latar belakang sejarah dan nilai edukasi bagi para pengunjung. "Itu dikupas semua di dalam kajian kita," ujarnya.

Ditambahkan Nugroho, pihaknya bakal mengembalikan Goa Kakung dan Goa Putri. "Itu nanti akan kita kembalikan ke nama aslinya," tandasnya.

Diharapkan Nugroho, penunjukan Goa Selarong sebagai Cagar Budaya dapat memberikan nilai edukasi bagi masyarakat dan ikut menjaga gua bersama. "Pertama kita ingin menyampaikan informasi tentang keberadaan goa sebagai cagar budaya. Setelah mengetahui itu sebagai cagar budaya untuk bersama-sama menjaganya," pungkasnya.