Advertisement

Goa Selarong Diajukan Jadi Cagar Budaya

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 Oktober 2021 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Goa Selarong Diajukan Jadi Cagar Budaya Gua Selarong, Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Goa Selarong kini tengah dalam proses pengajuan sebagai cagar budaya. Beberapa perubahan nantinya akan dilakukan di goa ini pasca diterapkan sebagai cagar budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setyanto menyampaikan bila proses pengajuan Goa Selarong sebagai Cagar Budaya masih terus berlangsug. Saat ini progres masih berada pada tahap penandatanganan oleh Bupati Bantul.

Advertisement

"Masih proses ditanda tangani pak Bupati. Tentang penetapannya sebagai cagar budaya. Saat ini tanda tangan belum turun, tapi sudah kita ajukan," tuturnya pada Kamis (21/10/2021).

Nugroho berharap tahun ini penetapan Goa Selarong sebagai cagar budaya bisa terpenuhi. "Target tahun ini Insyaallah sudah ditetapkakan sebagai cagar budaya," tandasnya.

Baca juga: Ingat! Bus Wisata Masuk Jogja Harus Kantongi Tiket dari Terminal Giwangan

Penambahan beberapa papan informasi rencananya bakal dilakukan di beberapa sudut Goa Selarong. Pemasangan tersebut diharapkan dapat menambah latar belakang sejarah dan nilai edukasi bagi para pengunjung. "Itu dikupas semua di dalam kajian kita," ujarnya.

Ditambahkan Nugroho, pihaknya bakal mengembalikan Goa Kakung dan Goa Putri. "Itu nanti akan kita kembalikan ke nama aslinya," tandasnya.

Diharapkan Nugroho, penunjukan Goa Selarong sebagai Cagar Budaya dapat memberikan nilai edukasi bagi masyarakat dan ikut menjaga gua bersama. "Pertama kita ingin menyampaikan informasi tentang keberadaan goa sebagai cagar budaya. Setelah mengetahui itu sebagai cagar budaya untuk bersama-sama menjaganya," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement