Advertisement

Sleman Dorong Terwujudnya Keluarga Ramah Anak

Lugas Subarkah
Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sleman Dorong Terwujudnya Keluarga Ramah Anak Anak-anak bermain di Taman Denggung, Dusun Denggung, Desa Tridadi, Sleman, Minggu (2/12/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Banyaknya permasalahan keluarga yang muncul bagaikan fenomena gunung es. Merespon hal ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Sleman mencanangkan program Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Keluarga Sejahtera yang Sembada (Kesengsem).

Kepala P3AP2KB Sleman, Suci Iriani Sinuraya, menjelaskan permasalahan keluarga dapat merugikan, menyengsarakan baik fisik maupun mental anak, orang tua maupun keluarga yang terkena, contohnya banyak anak korban perceraian karena kasus kekerasan dalam rumah tangga yang sangat berpengaruh terhadap pengasuhan yang sangat buruk.

Advertisement

“Kegagalan keluarga dalam melaksanakan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak, dikhawatirkan dapat mengakibatkan anak berada dalam kondisi rentan dan berisiko mengalami kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah lainnya,” ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Merespon hal ini, Pemkab Sleman telah menyediakan layanan untuk keluarga dalam suatu wadah yang disebut dengan Puspaga Kesengsem, yang berfungsi sebagai layanan satu pintu keluarga, holistik integratif berbasis hak anak.

Baca juga: Terduga Perusak Bus Tim Arema FC di Jogja Ditangkap Polisi, Ternyata Bonek

Layanan ini meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orang tua atau keluarga guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal.

Puspaga Kesengsem memberi layanan Konsultasi, Konseling Pengasuhan Anak, Konseling Tumbuh Kembang Anak, Konseling Perkawinan, dan Layanan Informasi. Di samping melaksanakan layanan-layanan tersebut, Puspaga Kesengsem juga melaksanakan program Edukasi sesuai kebutuhan masyarakat, dan program Kelas Parenting Puspaga.

Layanan Puspaga Kesengsem bisa diakses gratis oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Layanan bisa dilakukan secara offline maupun online melalui jaringan Twitter di @puspaga_sleman, Instagram di @puspagakesengsem.sleman, Facebook di Puspaga Kesengsem Sleman dan Whatsapp di 0852-3637-2181.

“Puspaga Kesengsem berkomitmen memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada keluarga, masyarakat tentang bagaimana mengasuh dan mendidik anak serta menjalankan fungsi kehidupan rumah tangga yang penuh dengan ketenangan, ketentraman, dan penuh cinta kasih sayang, sehingga terbentuk Keluarga yang Ramah Anak,” katanya.

Program ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak melalui pembangunan keluarga ramah anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement