Warga Gunungkidul Minta Kepastian Perluasan JJLS di Ruas Girisekar-Planjan

Proyek JJLS - JIBI
14 November 2021 20:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjojga.com, GUNUNGKIDUL– Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Gunungkidul belum sepenuhnya selesai. Namun demikian, sudah ada rencana perluasan khususnya di ruas dari di Dusun Mendak, Kalurahan Girisekar, Panggang menuju Kalurahan Planjan, Saptosari.

Lurah Girisekar, Sutarpan mengatakan, pembangunan JJLS ruas Mendak dengan Planjan sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Namun demikian, lebarnya baru sekitar 24 meter sehingga dilakukan perluasan agar sama dengan ruas jalan lainnya.

“Kalau tidak salah mencapai 30-35 meter lebarnya sehingga harus ada pembebasan lagi di ruas ini [Girisekar-Planjan]. Rencananya nanti juga ada bundaran untuk putar balik, salah satunya dibangun di pertigaan Dusun Sawah,” kata Sutarpan, Minggu (14/11/2021).

Menurut dia, sudah dilakukan sosialisasi untuk pembebasan. Bahkan lanjut Tarpan, juga sudah dilakukan pematokan titik-titik yang akan dibebaskan sejak tahun lalu. Meski demikian, hingga sekarang belum ada realisasi terkait dengan pembebasan tersebut. “Warga banyak yang menunggu kepastian karena menyangkut tanah untuk perluasan tersebut,” katanya.

BACA JUGA: 950 Perenang Berpartisipasi dalam Wali Kota Cup Jogja 2021

Ia pun berharap kepada pemerintah segera memberikan kepastian. Selain itu, dalam prosesnya jangan sampai ada warga yang merasa dirugikan terkait dengan program ini. “Kami siap mendukung dalam pelaksanaan, tapi tidak bleh ada yang dirugikan saat pembebasan dilakukan,” ujar mantan Anggota DPRD Gunungkidul ini.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana membenarkan adanya rencana pembebasan ulang lahan untuk JJLS di ruas Girisekar-Planjan. Meski demikian, sambung dia, pihak dari kabupaten tidak dilibatkan karena pembebasan dilaksanakan oleh Pemerintah DIY. Sedangkan untuk pembangunan ditangani langsung oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk perkembangan pembebasan dalam rangka pelebaran nanti akan saya tanyakan ke teman-teman di provinsi,” katanya.

Menurut Wadiyana, untuk ruas pembangunan JJLS di Gunungkidul sudah dikerjakan semuanya. Sebagai contoh, untuk ruas Girisekar-Girimulyo di Kapanewon Panggang sudah selesai dibangun. Sedangkan tiga ruas , Baran-Jerukwudel, Jerukwudel-Tepus dan Tepus-Planjan masih dalam proses pembangunan.

“Ya kalau ini selesai semua maka JJLS di Gunungkidul akan sepenuhnya tersambung,” katanya.