Advertisement

Objek Wisata di Jogja Siap Patuh PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru

Yosef Leon
Jum'at, 19 November 2021 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Objek Wisata di Jogja Siap Patuh PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru Objek wisata Tamansari, Jogja yang ditutup selama PPKM Darurat. Foto diambil, Minggu (18/7/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Objek wisata di Jogja mengaku siap mengikuti aturan pemerintah mengenai pemberlakuan PPKM level 3 di masa Natal dan Tahun Baru mendatang. Kebijakan ini disebut-sebut diberlakukan guna mencegah lonjakan kasus Covid-19 di berbagai wilayah.

"Tentunya kita bakal ikuti. Tapi edaran resminya kan belum keluar. Seperti apa nanti persiapannya kita akan lihat surat edarannya dulu," kata Kepala Taman Budaya Jogja, Retno Yuliani, selaku pengelola Taman Pintar, Jumat (19/11/2021).

Advertisement

Retno menyampaikan, sampai saat ini pihaknya masih beroperasi seperti biasa dengan menerapkan aturan protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam penerapan PPKM level 2 yang saat ini diterapkan di Kota Jogja.

Namun demikian, Retno berharap agar kawasan wisata tetap diperbolehkan operasional jika PPKM level 3 diterapkan di masa Natal dan Tahun Baru nanti. Sebab, dia menyebut bahwa penutupan operasional berdampak cukup berat bagi karyawan.

"Sebenarnya sulit kalau mau ditutup lagi, kami itu ada 112 karyawan yang harus mandiri. Tapi bagaimanapun kalau aturan seperti itu kami akan ikuti," ujarnya.

Baca juga: Sejumlah Siswa SD di Bantul Positif Covid-19 Setelah Dites Acak

Pemberlakuan PPKM level 2 di DIY yang menetapkan kawasan wisata kembali buka membawa angin segar bagi pengelola objek wisata. Retno menyebut, perlahan-lahan animo wisatawan mulai tampak dan cukup ramai berkunjung ke Taman Pintar.

"Masih didominasi keluarga, tapi banyakan memang dari asal DIY. Rombongan juga sudah ada. Rata-rata itu bisa mencapai seribuan kalau akhir pekan," ungkapnya.

Sejumlah wahana di Taman Pintar juga telah dibuka kecuali wahana air menari. Pihaknya juga menempatkan petugas di berbagai wahana yang berpotensi memicu kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan, pihaknya masih menunggu aturan resmi dalam pelaksanaan PPKM level 3 saat perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang. Pemerintah Kota Jogja pun disebutnya siap dengan mengeluarkan kebijakan turunannya.

"Sampai sekarang belum ada aturan resminya, sehingga kami belum bisa memberikan tanggapan lebih jauh. Tentunya, kebijakan tersebut disusun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Heroe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement