Puluhan Orang Bersaing Rebutkan Kursi Kepala Dinas di Gunungkidul

Ilustrasi PNS - JIBI
19 November 2021 07:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Panitia Seleksi (Pansel) sudah menutup pendaftaran lowongan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Gunungkidul, Rabu (17/11). Adapun hasilnya ada 30 pelamar yang berminat untuk mengisi lima jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong.

Data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul, posisi kepala dinas pariwisata merupakan lowongan yang paling diincar. Pasalnya, hingga pendaftaran ditutup ada sepuluh orang yang berminat untuk mengisi lowongan tersebut.

Adapun lowongan kepala dinas pertanian dan pangan diminati enam orang pendaftar. Posisi kepala dinas perhubungan dan kepala kundha kabudayan, masing-masing ada lima orang pendaftar. Sedangkan untuk lowongan kepala Satpol PP ada empat orang pendaftar.

BACA JUGA : Objek Wisata di Gunungkidul Dipersiapkan untuk Dibuka

Kepala Bidang Mutasi, BKPP Gunungkidul, Iskandar mengatakan, pendaftaran untuk seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup pemkab sudah ditutup. Total ada 30 pendaftar dan lowongan kepala dinas pariwisata paling diminati pelamar.

“Untuk dinas pariwisata menjadi lowongan dengan peminat terbanyak,” katanya, Kamis (17/11).

Dia menjelaskan, berkas dari masing-masing pendaftar langsung dilakukan seleksi administrasi. Rencananya, hasil dari seleksi diumumkan pada Jumat (19/11) atau hari ini.

Iskandar menambahkan, bagi pendaftar yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi asesmen center mulai 22-26 November mendatang. Selain itu, para peserta juga melalui penelusuran rekam jejak, penulisan makalah, wawancara tentang uji gagasan serta tes kesehatan.

Dia berharap tahapan dapat berjalan dengan lancar dan hasil dari seleksi dapat diumumkan sesuai dengan jadwal yang disusun. “Kalau tidak ada halangan hasil akhir seleksi diumumkan pada 13 Desember mendatang,” katanya.

BACA JUGA : Dinas Pariwisata Gunungkidul Sosialisasikan Pembukaan 

Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul, Ery Agustin S mengatakan, siap melakukan pengawasan terhadap seleksi terbuka untuk pengisian jabatan setingkat eselon II. Hal ini sesuai dengan ketugasan yang dimiliki anggota dewan dalam fungsi pengawasan.

“Kami tidak bisa ikut campur dalam tahapan, tapi tetap akan mengawasi agar pelaksananan bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Disinggung mengenai pengisian tidak dilakukan di seluruh jabatan yang kosong, Ery mengaku tidak tahu persis alasannya. Menurut dia, dari sisi lowongan ada sepuluh jabatan yang kosong, tapi yang diisi hanya lima jabatan.

“Memang kalau tidak diisi seluruhnya akan berdampak terhadap anggaran karena harus melakukan pengisian ulang. Tapi, saya berharap dengan pengisian bertahap hasilnya bisa lebih optimal dan yang terpilih benar-benar berkualitas,” katanya.