Libur Akhir Tahun, Wisata Gunungkidul Targetkan 147.715 Pengunjung

Wisatawan berlarian saat gelombang tinggi menerjang di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Jumat (20/7/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
19 Desember 2021 12:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Dinas Pariwisata Gunungkidul menargetkan kunjungan saat libur natal dan tahun baru sebanyak 147.715 orang. Diharapkan dari dengan kegiatan libur ini mampu menambah pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp1,12 miliar.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, libur akhir tahun diprediksi jumlah kunjungan ke destinasi wisata mengalami lonjakan yang signifikan. Pasalnya, liburan ini juga berbarengan dengan masa libur anak sekolah.

Ia mengungkapan pada liburan yang dimulai 24 Desember hingga 2 Januari, dinas pariwisata menargetkan kunjungan sebanyak 147.715 orang. Berbagai persiapan pun telah dilaksanakan agar berjalan aman lancar serta terhindar dari penyebaran viru corona.

Hary mengungkapkan, sudah dilakukan koordinasi lintas sektor guna menyambut musim liburan ini. Adapun hasilnya akan ada penambahan personel sebanyak 383 orang yang berasal dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, kapanewon, satpol PP hingga kalurahan.

“Memang ada tambahan personel untuk antisipasi melonjaknya kunjungan saat liburan,” kata Hary, Minggu (19/12).

Dia menjelaskan, penambahan personel bertujuan untuk mendukung protokol  kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus. Selain itu, sudah disiapkan aplikasi Peduli Lindungi di seluruh tempat wisata yang dipungut retribusi dansebagian besar destinasi wisata juga teah mengantongi sertifikat CHSE.

“Wisatawan harus melakukan scan Aplikasi PeduliLindungi dan juga protokol kesehatan ketat,” kata Hary.

Diharapkan ada kunjungan di akhir tahun ini dapat menambah pundi-pundi PAD sebanyak Rp1,12 miliar. Untuk 2021, pemkab menargetkan Rp12 miliar dari retribusi masuk kawasan wisata. “Memang belum memenuhi target karena baru mencapai 90%. Mudah-mudahan dengan libur akhir tahun bisa memenuhi kekurangan dari target yang dicanangkan,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, siap membantu pemkab dalam upaya pengamanan di kawasan wisata pantai, khususnya di Baron dan sekitarnya. Untuk menyambut libur akhir tahun, seluruh personel yang berjumlah 64 anggota akan diterjunkan di sejumlah lokasi pantai di wilayah II.

“Kami selalu siaga dan siap membantu pada saat terjadi insiden atau peristiwa di pantai,” katanya.

Guna pemantaban sebelum pengawasan dan pengamanan dilakukan, pada Senin (2012) atau hari ini akan dilaksanakan apel siaga di Pantai Baron yang diikuti oleh seluruh SAR Satlinmas di Wilayah DIY. “Mudah-mudahan natal dan tahun baru aman dan berjalan dengan lancar,” katanya.