Advertisement

Sultan HB X Apresiasi Pembangunan Gedung Bernuansa Budaya Lokal di Sleman

Lugas Subarkah
Selasa, 21 Desember 2021 - 20:57 WIB
Sunartono
Sultan HB X Apresiasi Pembangunan Gedung Bernuansa Budaya Lokal di Sleman Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, meresmikan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dan Gedung DPRD Sleman, Selasa (21/12). - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan dua gedung baru, yakni gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dan Gedung DPRD Sleman, Selasa (21/12/2021). Peresmian dilakukan dengan prosesi potong pita, penandatanganan prasasti dan potong tumpeng.

Sri Sultan Hamengkubuwono X mengucapkan selamat kepada Pemkab Sleman yang telah berhasil menyelesaikan seluruh tahap pembangunan, meski di masa pendemi ini. Ia juga mengapresiasi pengaplikasian serta pertimbangan unsur filosofi dan budaya lokal dalam pembangunan Gedung.

Advertisement

Menurutnya, ini adalah langkah kecil namun kongkrit dan layak diapresiasi, sebagai perwujudan upaya menunjukkan identitas jati diri serta melestarikan dan memperkenalkan budaya lokal. Pembangunan gedung baru tersebut merupakan salah satu upaya optimalisasi pelayanan, dan upaya memantapkan posisi Kabupaten Sleman sebagai smart regency.

Ia juga menyinggung pernyataan Ketua DPRD Kabupaten Sleman di salah satu media yang mengungkapkan bahwa selain fungsi utamanya sebagai kantor, gedung DPRD pasca renovasi akan digunakan mewadahi kegiatan ekonomi masyarakat, khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Bertolak dari dua contoh penyataan tadi, besar harapan saya agar SDM [sumber daya manusia], gedung, serta sarana dan prasarana pendukungnya dapat dioptimalkan pemanfaatannya sesuai dengan komitmen dan perencanaan yang pernah dibuat,” katanya.

Gedung DPRD dan gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sleman dibangun secara bertahap selama tiga tahun, yaitu mulai 2018 sampai dengan 2020. Adapun dana pembangunan dua gedung tersebut bersumber sumber dari dana APBD Kabupaten Sleman.

Gedung Setda Sleman, dibangun diatas tanah seluas 3.455 meter persegi yang dilaksanakan dalam dua tahap. Pelaksanaan Tahap I dilaksanakan pada tahun 2019 dan tahap 2 dilaksanakan pada tahun 2020. Pelaksanaan Tahap pertama pekerjaan fisik berupa pekerjaan struktural. Sedangkan pelaksanaan tahap kedua berupa pekerjaan finishing.

Pembangunan gedung Sekda tahap I dilaksanakan nilai kontrak sebesar Rp Rp15 miliar. Sedangkan tahap II dilaksanakan dengan nilai kontrak sebesar Rp26 miliar. Adapun untuk pembangunan gedung DPRD Sleman  dilaksanakan pada tahun 2019 dan tahun 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 91,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement