Advertisement

Tirta Amarta Pandowo, Upaya BumDes Penuhi Fasilitas Kolam Renang

Jumali
Senin, 03 Januari 2022 - 06:27 WIB
Jumali
Tirta Amarta Pandowo, Upaya BumDes Penuhi Fasilitas Kolam Renang Penampilan perenang dalam peresmian Tirta Amarta Pandowo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Kreativitas dilakukan oleh pemerintah Desa Pandowoharjo, Sleman, dengan menyediakan fasilitas kolam renang, Tirta Amarta.

Kolam renang yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) tersebut menambah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk rekreasi dan tempat latihan cabang olahraga aquatik.

Advertisement

Adapun peresmian kolam renang tersebut, dilakukan Minggu (2/1/2022). Selain perangkat desa, peresmian juga dihadiri Pengurus Provinsi PRSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Forum Klub Renang Sleman (FKRS) serta atlet renang yang dipersiapkan untuk PON 2024.

“Kami menyambut gembira dengan adanya fasilitas kolam renang dari BumDes. Ini bisa digunakan untuk rekreasi sambil berenang tetapi juga untuk tempat latihan,” kata Baroto Anung Saputra, Sekretaris Desa Pandowoharjo.

Menurut dia kolam renang ini merupakan salah satu unit usaha dari BumDes. Tidak hanya itu, desa juga merencanakan membangun kolam renang yang lebih besar dan memenuhi standar internasional.

“Sudah ada rencana untuk membangun kolam yang lebih besar dengan standar internasional. Kami berharap adanya kolam ini bisa mendorong prestasi cabang olahraga renang Sleman,” ujar dia.

Langkah BumDes yang membangun fasilitas kolam renang mendapat sambutan positif dari Pengprov PRSI DIY. Wakil Ketua II Boyke Dharma menuturkan DIY masih kekurangan fasilitas kolam renang sehingga Kolam Renang Tirta Amarta sudah menjadi tempat latihan empat klub, yaitu Satria Mataram Aquatic, JAQ, Dolphin dan Pinguin. Ini menunjukkan bila DIY membutuhkan lebih banyak fasilitas kolam renang.

“Adanya kolam renang ini tentu hal yang bagus karena bisa memenuhi kebutuhan kolam renang. Apalagi, fasilitas ini sudah memenuhi standar dengan lintasan 25m. Hanya kedalamannya memang kurang,” ujar Boyke.

"Kami berharap ada banyak kolam renang yang muncul, sehingga klub yang kesulitan mencari tempat latihan bisa ternaungi. Selain itu PRSI DIY punya program untuk menggalakkan lima subcabor aquatic. Jadi harus ada banyak kolam renang," ucapnya.

Kolam Renang Tirta Amarta menjalin kerjasama pengelolaan dengan Depok Sport Centre (DSC) yang berdurasi lima tahun. Menurut A.A Ngurah Gede Ari Utama, selaku manajer, kolam tersebut diharapkan mendorong prestasi renang Sleman. Pasalnya banyak anak dari daerah sekitar Pandowoharjo yang termotivasi untuk menekuni olahraga renang.

“Sudah ada empat klub yang menjadikannya sebagai tempat latihan. Selain itu ada lagi yang sudah mengajukan permohonan untuk berlatih di tempat ini. Namun kolam ini tetap menjadi tempat rekreasi air. Masyarakat bisa memanfaatkannya. Bahkan setiap hari Jumat, kolam tersebut hanya untuk wanita,” tutur Agung, sapaannya.

Meski baru resmi dibuka, namun kolam tersebut sudah memiliki jadwal penggunaan yang padat. Termasuk penyelenggaraan event renang seperti fun swimming yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Kami akan menyelenggarakan fun swimming di tempat ini. Saya optimistis bakal banyak peserta yang mengikutinya,” kata Agung yang juga pengurus Pengprov PRSI DIY ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement