Advertisement

PKL Malioboro Diundi untuk Tempati Lapak Baru, Begini Prosesnya

Sirojul Khafid
Kamis, 27 Januari 2022 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
PKL Malioboro Diundi untuk Tempati Lapak Baru, Begini Prosesnya Lapak tempat baru PKL Malioboro di eks Gedung Bioskop Indra. - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah Wilujengan Teras Malioboro, kini Pemerintah Kota Jogja mempersiapkan pemindahan pedagang kali lima (PKL). Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, penempatan lapak akan diundi. Pemkot Jogja dan paguyuban bersepakat pengundian secara terbuka.

“Sudah tinggal teknis saja, tapi belum tahu kapan dijalankan, termasuk pengundian dan segala macam. Per pedagang undiannya, kesepakatan teman-teman PKL kemarin pengennya undian [terbuka], proses komunikasi sudah lama jalan, kalau [undian di internal] komunitas [berpotensi] ada persoalan enak dan tidak enak, adil dan tidak adil,” kata Heroe, Kamis (27/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Sejarah Bioskop Indra: Kini Jadi Teras Malioboro, Dulu Tempat Hiburan Sosialita Zaman Belanda

PKL yang akan menempati lapak adalah yang sudah tergabung di komunitas serta didata Pemkot Jogja. PKL yang belum ikut paguyuban dan belum terdata tidak bisa mendapatkan lapak, termasuk yang mengaku pendorong gerobak.

Pemkot Jogja juga berencana membuat panggung hiburan di Teras Malioboro 1 dan 2. “Ini menyangkut dengan hiburan, misal seni dan budaya nanti ada, digelar dalam beberapa waktu. Meski sebenarnya ada atau tidaknya panggung hiburan tidak berpengarug, karena yang dicari wisatawan adalah mereka [PKL),” kata Heroe.

BACA JUGA: Direlokasi, PKL Malioboro Dibebaskan Pajak dan Retribusi selama Setahun

Heroe memastikan Malioboro tetap menjadi tujuan mencari oleh-oleh, tempat berfoto, membuat video, dan sebagainya. Pemusatan lokasi PKL justru memudahkan wisatawan yang berkunjung. “Malah sekarang wisatawan akan lebih mudah mendapatkan berbagai oleh-oleh dalam satu kawasan, akses menjadi lebih leluasa, bisa berjalan di sepanjang Malioboro dengan lebih santai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement