Advertisement

Warga Nitikan & KKN UAD Bikin Omah Mengaji

Media Digital
Sabtu, 29 Januari 2022 - 07:07 WIB
Maya Herawati
Warga Nitikan & KKN UAD Bikin Omah Mengaji Suasana peresmian Omah Mengaji di wilayah Rukun Tetangga 46 Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo, Jogja, Minggu (28/11/2021). (ist - UAD)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Rukun Tetangga (RT) 46 Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo, Jogja mendirikan Omah Mengaji. Hal ini sebagai respons pentingnya penanaman nilai agama di tengah berkembangnya era modern.

Sedikit banyak, modernisasi memengaruhi perkembangan pola pikir generasi penerus bangsa. Ada pergeseran nilai religi yang kian marak terjadi. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan mereka belajar secara mandiri dari rumah.

Advertisement

Omah Mengaji merupakan ruang kegiatan penguatan nalar yang meliputi pemahaman baca Al-Qur’an dan internalisasi nilai-nilai religius. Pendirian Omah Mengaji berasal dari kerja sama warga RT 46 dan mahasiswa KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Teknik Industri Unit I.A.2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Dalam peresmiannya, Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jogja, di wilayah RT 46 Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo, Jogja, Minggu (28/11/2021) Indaruwanto Eko Cahyono turut hadir. “Pentingnya penguatan nalar dan intelektualitas bernuansa Islami pada anak-anak, sehingga di masa yang akan datang dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang tidak hanya memiliki kuantitas, namun juga berkualitas,” kata Indaruwanto seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (28/1/2022).  

Selain peresmian Omah Mengaji, ada pula rangkaian kegiatan lain berupa cek kesehatan (tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol), senam sehat ceria, serta penampilan para santri berupa Murajaah Al-Qur’an Juz 30.

Kemeriahan acara tidak mengurangi ketaatan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Lantaran masih di masa pandemi Covid-19, seluruh warga menggunakan masker serta hand sanitizer. (*)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement