Advertisement

Batal Disewakan ke Warga, Rusun Bener di Jogja Sementara Dijadikan Isoter

Sirojul Khafid
Rabu, 09 Februari 2022 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Batal Disewakan ke Warga, Rusun Bener di Jogja Sementara Dijadikan Isoter Suasana Rusunawa MBR Bener, Tegalrejo, Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.co, JOGJA-- Pemerintah Kota Jogja menunda penggunaan Rusun Bener tower dua untuk hunian masyarakat. Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, tower dua akan dijadikan tambahan tempat isolasi terpadu (isoter). Sehingga dua tower rusun yang ada di Bener akan menjadi tempat isoter.

Adapun kapasitas masing-masing yaitu 44 unit dengan 88 kamar serta 42 unit dengan 84 kamar. "Kami sudah minta siapkan segera, kami minta izin kepada Kementerian Pekerjaan Umum. Yang tower dua kemarin mau diundi, jangan dulu," kata Haryadi, Rabu (9/2/2022).

Advertisement

Penundaan ini utamanya merespon meningkatkan kasus Covid-19 di Kota Jogja. Sehingga antisipasi adanya ruang isolasi yang cukup banyak menjadi perhatian utama. "Penggunaan tower dua Rusun Bener agar tempatnya berdekatan. Kami lebih terkonsentrasi di situ, kamarnya lebih banyak dan tempatnya lebih oke," kata Haryadi.

BACA JUGA: Konflik Tambang Wadas Pecah! Ini Kaitan Bendungan Bener dengan Jogja

Selain itu, pembuatan tower dua ini juga untuk mempermudah pasien isolasi mandiri, agar tidak perlu mencari hotel apabila shelter dan rumah sakit penuh. Saat ini, shelter di Kota Jogja yang mengisi sebagian dari warga luar kota, terutama yang berasal dari tracing perjalanan antar daerah.

"Kan harus antisipasi warga kami juga," kata Haryadi. "Kami siapkan shelter yang bagus dan layak, sehingga masyarakat bisa senang hati ke shelter."

Penggunaan tower ini akan berlangsung sampai pemerintah pusat menyatakan gelombang tiga mulai terkendali.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) MBR Bener, Wisnu Windarto, menyatakan apabila banyak masyarakat yang tertarik menyewa Rusun Bener Tower dua. Dalam dua hari pembukaan, sudah ada sekitar 80 orang yang mengambil formulir.

Adapun syarat menjadi penghuni Rusunawa MBR Bener sudah berkeluarga, berpenghisilan Upah Minimum Regional, dan memiliki Nomor Induk Kependudukan Kota Jogja. Harga sewa perbulan antara Rp500.000 sampai Rp600.000.

Dalam sekali kontrak, durasinya tiga tahun. Perpanjangan kontrak hanya bisa satu kali, sehingga maksimal menghuni selama enam tahun. “Harapanya nanti sudah dapat tempat tinggal baru,” kata Wisnu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement