Advertisement

Penyelidikan KNKT di Kecelakaan Bukit Bego Bantul: Rem Berfungsi Baik, tapi Ada yang Aneh

Bayu Jatmiko Adi
Rabu, 09 Februari 2022 - 17:42 WIB
Budi Cahyana
Penyelidikan KNKT di Kecelakaan Bukit Bego Bantul: Rem Berfungsi Baik, tapi Ada yang Aneh Bangkai bus yang menabrak tebing Bukit Bego, Bantul, Minggu (6/2/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudi

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab kecelakaan bus pariwisata di Bukit Bego, Imogiri, Bantul, Minggu (6/2/2022), dan mengungkapkan rem bus masih berfungsi dengan baik. Namun, ada keanehan dalam laju kendaraan.

KNKT menyebut hasil investigasi sementara yang dilakukan menunjukkan rem dan bagian bus lainnya masih berfungsi.

BACA JUGA: Ini Kata-Kata Terakhir Sopir Bus Wisata Sebelum Kecelakaan Maut di Bukit Bego Bantul

“Semua sistem berjalan baik. Bus itu bisa mengerem. Tidak ada masalah teknis,” kata Plt Kepala Sub Komite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT, Ahmad Wildan, Selasa (8//2/2022).

Alur roda juga masih memenuhi syarat. Jarak antara kampas dan tromol juga masih dalam ambang batas normal. KNKT juga meminta keterangan dari saksi, yakni kenek bus.

Menurut Wildan, saksi menjelaskan saat kendaraan berjalan menurun, sopir menggunakan gigi tiga. Oleh karena itu, kendaraan meluncur cukup cepat di jalan menurun dan menikung. Sopir juga berkali-kali mengerem. 

Keterangan itu sesuai dengan penjelasan saksi lain, yakni warga yang berada di mobil di belakang bus yang melihat lampu rem bus terus menyala, tetapi bus masih melaju.

BACA JUGA: Pria Ini Kehilangan Ayah, Ibu, Anak, dan Neneknya akibat Kecelakaan Maut di Bukit Bego Bantul

Mendekati titik kecelakaan, menurut informasi yang didapatkan KNKT, pengemudi bus kemudian kesulitan mengerem. Sopir lantas berupaya memindahkan perseneling dari gigi 3 ke gigi 2. “Itu tidak mungkin terjadi. Pasti akan masuk ke gigi netral,” katanya.

Bus yang mengangkut rombongan wisata dari Polokarto, Sukoharjo, menabrak tebing Bukit Bego di Wukirsari, Imogiri, Bantul. Sebanyak 13 penumpang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Advertisement

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement