Advertisement

Cerita Warga di Balik Terowongan Telu yang 'Terlarang' untuk Anak Kecil

Sunartono
Sabtu, 26 Februari 2022 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cerita Warga di Balik Terowongan Telu yang 'Terlarang' untuk Anak Kecil Kondisi Terowongan Telu Gajah Wong yang di atasnya merupakan rel kereta api, Rabu (22/2/2022). - Harian Jogja - Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Terowongan Telu Gajah Wong yang berada di bawah rel Kereta Api kawasan Perbatasan Kota Jogja, Bantul dan Sleman ternyata menyimpan sejumlah cerita unik di kalangan warga sekitar.

Salah satu warga Gendeng, Umbulharjo, Kota Jogja, Wulansari menjelaskan sejak ia lahir pada 33 tahun silam, Terowongan Telu Gajah Wong kondisinya masih sama dan belum pernah dibangun ulang. Tidak diketahui pasti tahun dibangunnya terowongan yang menjadi penghubung air di sepanjang Sungai Gajah Wong itu.

"Sejak dulu seperti itu [bangunannya], yang direnovasi paling cuma sungainya, di pinggir diberikan pembatas dan ditata bantarannya," katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (26/2/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Baca juga: Masih Misterius! Jembatan Sungai Gajah Wong yang Tak Dilintasi Kendaraan Sejak 25 Tahun Lalu Akan Dicek Pemerintah

Ia mengakui Terowongan Telu menyimpan banyak cerita unik. Mulai dari beberapa kali ada orang yang nekat melakukan bunuh diri dari atas terowongan itu. Sampai seringkali anak tidak boleh bermain di sekitar terowongan itu.

"Dulu saya waktu kecil memang dilarang tidak boleh bermain di sekitar terowongan jtu takutnya ada apa-apa. Tetapi saya kemudian menerjemahkan secara logika saja mungkin khawatir tenggelam karena memang agak dalam airnya," kata dia.

Meski dilarang orangtuanya, namun saat masih kecil ia sering nekat bersama teman-temannya bermain di sekitar Terowongan Telu. Karena di lokasi tersebut sejuk dan airnya bersih. "Sebenarnya sampai sekarang agar sedikit khawatir juga ya ketika teringat cerita orang tua. Tetapi kemudian saya berpikir logis tadi, mungkin membahayakan karena di arus sungai," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement