Advertisement

Kembalikan Malioboro Seperti Zaman Dulu, Hampir Separuh Toko Sudah Dicat Putih

Sirojul Khafid
Selasa, 01 Maret 2022 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Kembalikan Malioboro Seperti Zaman Dulu, Hampir Separuh Toko Sudah Dicat Putih Deretan toko di kawasan Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 40 persen dari total 220 toko di Malioboro yang tergabung dalam Paguyuban Pengusaha Malioboro dan Ahmad Yani Yogyakarya (PPMAY) telah mengecat tembok bangunannya dengan warna putih.

BACA JUGA: Kamar Mandi Umum di Brontokusuman Jogja Digembok, Buntutnya Laporan ke Polisi

Advertisement

Hal ini sesuai rencana dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja untuk membuat kesan bangunan di Malioboro seperti zaman dulu.

Koordinator Koordinator PPMWY, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Karyanto Purbo Husodo, mengatakan, seluruh pengecatan sejauh ini menggunakan dana pribadi. Akan ada bantuan dana dari Pemda DIY, tetapi belum ada waktu pasti terkait pencairannya.

“Sudah ada beberapa toko yang ngecat pilar-pilarnya dan atas lorong-lorong tokonya. Sekalian ada yang renovasi pilarnya dari paku-paku,” kata KRT Karyanto, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, adapula penanganan pada teraso yang berada di depan toko. Pemkot Jogja menargetkan pengecatan ulang deretan toko di kawasan Malioboro selesai sebelum pertengahan 2022. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, Pemkot Jogja telah memulai proses pengecatan ulang pada tiga toko di awal Februari lalu. Dalam koordinasinya dengan peguyuban pemilik toko, mereka bersedia mengecat secara mandiri.

"Koordinasi dengan teman-teman DIY juga, sedang dipetakan sekarang, kemarin sudah kami mulai dari tiga toko, terus dihitung dulu keseluruhannya berapa. Beberapa toko melakukan sendiri," kata Heroe.

"Kami harapkan begitu, kemarin ketemu teman-teman para pemilik toko itu sudah sanggup melakukan pengecatan, sebelum pertengahan tahun selesai."

BACA JUGA: Mengapa Sleman Kerap Dijuluki Kabupaten Italia?

Setelah adanya pengecatan ulang, Pemkot Jogja akan memikirkan langkah-langkah untuk penyeragaman fasad atau bagian muka bangunan di Malioboro.

"Pada saatnya fasad akan kami tata, nanti besar, sepanjang 1,2 kilometer, kiri kanan. Sekarang kami fokus perbaiki fasilitas-fasilitas dulu, yang rusak-rusak kami benahi semuanya," kata Heroe. "Langkah pertama pengecatan, kemudian baru dilakukan penataan fasad-fasadnya. Dalam tiga bulan seharusnya [pengecatan] bisa selesai juga, karena itu bagian dari penertiban fasilitas-fasilitas Malioboro."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement