Advertisement

Bantu Penyerapan Panen, ASN di Gunungkidul Wajib Beli Beras

David Kurniawan
Minggu, 10 April 2022 - 12:07 WIB
Jumali
Bantu Penyerapan Panen, ASN di Gunungkidul Wajib Beli Beras Pemanfaatan Resi Gudang di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARIPemkab Gunungkidul membuat kebijakan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membeli beras petani. Langkah ini sebagai upaya membantu penyerapan hasil panen sehingga wacana menyejahterakan petani lokal bisa diwujudkan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Adinoto mengatakan, Bupati Sunaryanta membuat inovasi dengan mewajibkan ASN membeli beras dari petani lokal di Bumi Handayani. Kebijakan ini sudah digulirkan sejak September 2021.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Ada Surat Edaran Bupati sebagai payung hukum untuk pelaksanaannya,” kata Adinoto, Minggu (10/4/2022).

Dia menjelaskan, salah satu tujuan program ini digulirkan agar hasil panen petani bisa terserap lebih optimal. Harapannya dengan terserap lebih maksimal, maka upaya menyejahterakan petani lokal bisa diwujudkan. Adapun teknisnya, setiap pegawai diwajibkan membeli beras seberat lima kilogram per bulannya.

“Beras yang dijual kualitas premium dengan harga Rp11.000 per kilonya,” ungkapnya.

Hingga sekarang sudah ada tujuh gabungan kelompok tani yang menyuplai beras untuk ASN. Adinoto tidak menampik program ini masih butuh sosialisasi karena belum semua Organisasi Perangkat Daerah mengikuti. “Baru ada sebelas OPD yang ikut dengan jumlah 840 orang. Jadi, rata-rata per bulannya ada 4,2 ton beras petani yang sudah dibeli oleh ASN di lingkup pemkab,” katanya.

Dia menambahkan, peran dari dinas pertanian dan pangan untuk memastikan kualitas beras sesuai dengan standarisasi sehingga tidak ada keluhan dari para pegawai. “Kami sebatas membina petani agar standarisasi produksi bisa terpenuhi alias kualitasnya tetap terjaga. Berasnya pun langsung di antar ke pegawai dan teknis pembayaran diserahkan ke bendahara di masing-masing OPD,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga Mahasiswa UI Korban Kecelakaan Laporkan Polres Jaksel ke Ombudsman

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement