Advertisement

Warga Paliyan yang Terdampak Lisus Terima Bantuan Rp110 Juta

David Kurniawan
Rabu, 13 April 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Warga Paliyan yang Terdampak Lisus Terima Bantuan Rp110 Juta Salah satu rumah di Gunungkidul rata tanah akibat dihajar angin kencang pada Selasa (22/2/2022) - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sebanyak 178 warga terdampak puting beliung di Kapanewon Paliyan menerima bantuan stimulan dari Pemkab Gunungkidul. Bantuan yang diserahkan secara simbolis di Balai Kalurahan Mulusan, Paliyan, Rabu (13/4/2022) tersebut berjumlah total Rp110 juta. 

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat,” kata Sunaryanta di sela-sela penyerahan, Rabu.

Dia mengakui, bantuan yang diberikan tidak bisa mencukupi untuk memperbaiki seluruh kerusakan yang ada. Akan tetapi, bisa dipergunakan menambah biaya perbaikan.

BACA JUGA: 95.000 Keluarga di Gunungkidul Terima BLT Migor, Ini Jadwal Penyalurannya

Sunaryanta berharap kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi bencana di masa pancaroba dari musim penghujan ke kemarau.

Menurut dia, pemberian bantuan bukan yang pertama kali di tahun ini, karena sebelumnya ratusan warga di Kalurahan Semanu dan Pacarejo, Semanu telah memperoleh terlebih dahulu. “Bencananya sama, yakni angin kencang yang terjadi pada akhir Februari lalu,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sri Suhartanto mengatakan hasil pendataan terkait dengan dampak angin puting beliung di Kapanewon Paliyan, ada sebanyak 178 rumah yang rusak.

Sesuai dengan keputusan bupati, warga terdampak mendapatkan bantuan perbaikan yang bersifat stimulan. “Sebelum diberikan dilakukan pendataan serta verifikasi terhadap tingkat kerusakan yang ada,” katanya.

BACA JUGA: Rencana Pembangunan Tugu Tobong di Bundaran Siyono Gunungkidul Tuai Kritik

Dia menjelaskan, hasil verifikasi ini menjadi acuan untuk pemberian bantuan. Total yang diberikan ke 178 warga terdampak mencapai Rp110.250.000. meski demkian, Sri Suhartanto memastikan jumlah yang diterima warga bervariasi mulai dari Rp500.000 hingga Rp17,5 juta.

Advertisement

Dia merinci ada 160 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan sebesar Rp500.000. Jumlah ini diberikan kepada warga yang rumahnya rusak dengan kerugian mencapai Rp5 juta.

Sedangkan warga yang mengalami kerugian Rp5-10 juta mendapatkan bantuan Rp750.000 berjumlah 17 kepala keluarga yang menerima bantuan ini. “Khusus yang rusak berat ada satu dan mendapatkan bantuan Rp17,5 juta,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Uang Baru Diluncurkan, Ganjar Terima Duit dengan Nomor Cantik

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement