Advertisement

Wisatawan Diprediksi Membeludak di Jogja, Puncak Okupansi Hotel H+2 Lebaran

Yosef Leon
Sabtu, 16 April 2022 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Wisatawan Diprediksi Membeludak di Jogja, Puncak Okupansi Hotel H+2 Lebaran Ilustrasi lobi hotel. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY memprediksi puncak okupansi hotel di masa libur Lebaran terjadi pada H+2. Wisatawan disinyalir akan membeludak ke Jogja. 

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, mengatakan sejumlah hotel di Jogja telah menerima reservasi tamu hingga H+2 Lebaran. Cuti bersama dan pelonggaran mudik membuat okupansi hotel di Jogja mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Advertisement

"Puncak okupansi hotel terjadi pada saat liburan Lebaran nanti terutama mulai H+2,  pengunjung hotel banyak yang memilih saat momen liburan Lebaran dan selama sepekan setelah hari raya," ungkap Deddy, Sabtu (16/4/3022). 

Dia menambahkan reservasi hotel pada 1 - 9 Mei 2022 naik 38,8%. Sementara, pada periode 28 April - 1 Mei reservasi hotel telah mencapai kenaikan 10 - 15 persen. Pihaknya menargetkan okupansi di masa Lebaran nanti mampu mencapai 80%. 

"Tamu hotel didominasi dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah," katanya. 

Selain faktor pelonggaran mudik, dibukanya penerbangan internasional di YIA pada 29 April mendatang disebut-sebut bakal memicu okupansi hotel kembali menggeliat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19. Tambahan kunjungan dari wisatawan asing diharapkan bisa mengembangkan perekonomian di wilayah setempat. 

Menurut Deddy, pada tahun ini pihaknya juga telah melakukan penyesuaian harga lantaran kenaikan pajak Pajak Pertambahan Nilai (PPN) senilai 11 persen. PHRI DIY telah sepakat untuk melakukan kebijakan harga yakni menyesuaikan publish rate atau harga resmi. 

"Kami menyesuaikan harga karena kenaikan harga-harga barang baku, sebesar 40 persen untuk semua hotel bintang maupun non bintang," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement