Advertisement

MAN 2 Kulonprogo Jadi Tuan Rumah Gerakan 1 Juta Vaksin Booster Kulonprogo

Arief Junianto
Minggu, 24 April 2022 - 21:17 WIB
Arief Junianto
MAN 2 Kulonprogo Jadi Tuan Rumah Gerakan 1 Juta Vaksin Booster Kulonprogo Panitia dan pendukung acara Gerakan Sejuta Vaksin Booster berfoto bersama. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--MAN 2 Kulonprogo menjadi tuan rumah Gerakan Satu Juta Vaksin Booster. Vaksinasi dosis III (booster) dilaksanakan di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2 MAN 2 Kulonprogo, Jalan Pahlawan, Kapanewon Panjatan, Kamis (21/4/2022).

Gerakan ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Koramil 10/Panjatan/Kodim 0731, Polsek, juga madrasah dan berbagai pihak terkait. Dalam gerakan yang diikuti 259 orang tersebut, sebagian besar vaksin yang diinjeksikan adalah booster, sementara sebagian lainnya untuk vaksin Covid-19 tahap I dan II. 

BACA JUGA: Ratusan CPNS dan PPPK Guru Kulonprogo Terima SK, Ini Dia Rinciannya

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kulon Progo, Kepala Kemenag Kabuten Kulon Progo, Kasi Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Kepala Dinas Kesehatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Gotakan. 

Saat meninjau acara tersebut, Sekda Kabupaten Kulonprogo, Jazil Ambar Was’an mengucapkan terima kasih kepada Kemenag Agama dan MAN 2 Kulonprogo yang telah menyelenggarakan gerakan tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih atas inisiatif penyelenggaran acara ini. Ternyata tidak hanya untuk keluarga madrasah atau Kemenag saja, tapi juga untuk masyarakat umum dapat mendapatkan vaksinasi,” ucap pria yang juga Satgas Vaksin Covid-19 ini melalui rilis, Minggu (24/4/2022). 

Dalam kesempatan itu Kepala Kemenag Kulonprogo, Muhammad Wahib Jamil menjelaskan Gerakan Satu Juta Vaksin Booster ini menjadi tugas semua kementerian dan semua komponen dalam rangka persiapan liburan panjang perayaan Idulfitri 1443 H.

BACA JUGA: Kementan Tetapkan Padi Menor Kulonprogo Jadi Varietas Unggulan Nasional

Kemenag, kata dia, bertanggungjawab untuk pelaksanaan keagamaan sehingga memerintahkan seluruh jajarannya untuk memaksimalkan pelaksanaan vaksin ini di berbagai lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, madrasah, dan tempat ibadah baik masjid, gereja, wihara, dan pura.

"Kemenag harus berperan aktif untuk menuntaskan vaksinasi Covid-19 ini,” tandasnya. 

Advertisement

Terkait dengan pemilihan MAN 2 Kulonprogo sebagai tuan rumah percepatan vaksin Covid-19, dia menyatakan bahwa madrasah ini menjadi pusat di Kulonprogo sehingga masyarakat umum bisa menjangkau.

MAN 2 Kulonprogo dipandang mampu memfasilatasi dengan baik dan dipandang mampu memberikan edukasi dan contoh kepada masyarakat luas bahwa vaksin merupakan ikhtiar penuntasan dan penanggulangan Covid-19.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah, Kanwil Kemenag DIY, Dwi Putranto, menilai MAN 2 Kulonprogo sudah merencanakan acara ini dengan sangat matang acara tersebut. Hal itu terlihat dari pintu masuk, tempat pendaftaran, hingga vaksin dan keluar berjalan dengan baik. 

Advertisement

Kepala MAN 2 Kulonprogo, Hartiningsih mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulonprogo, Kepala Dinas Kesehatan, TNI/Polri dan pihak-pihak terkait yang bahu membahu bekerja sama demi terlaksananya Gerakan Satu Juta Vaksin Booster.

Dia merasa bahagia MAN 2 Kulonprogo bermanfaat bagi masyarakat luas. “Alhamdulillah, madrasah ini sangat dicintai masyarakat. Kehadiran banyak warga masyarakat di madrasah ini adalah buktinya," ucap dia.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gotakan, Aiptu Lilik Nugroho, menilai ternyata masyarakat di sekitar madrasah sangat antusias mengikuti acara ini. Ini terlihat antrian di pintu masuk dan tempat pendaftaran.

Dia juga mengapresiasi panitia yang dengan sabar mengingatkan masyarakat untuk tetap memakai masker dan menjalankan prokes. Ia juga mengapresiasi pemberian minyak goreng dan cindera mata, ini sedikit banyak membantu para peserta vaksin yang hadir di tengah-tengah harga minyak goreng yang melangit.

Advertisement

Salah seorang penerima vaksin, Almaas Asilah Rahmat menyatakan ungkapan terima kasih karena MAN 2 Kulonprogo sudah memudahkannya mendapatkan vaksin.

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa mendapatkan vaksin ini. Saya merasa kesulitan untuk mendapatkannya di Puskesmas atau rumah sakit,” sambungnya. Ia juga mempunyai kesan yang baik terhadap panitia. “Panitia sangat aktif membantu kami menunjukkan alur dari pendafaran hingga selesai,” pungkasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement