Advertisement

Perbaikan Jalan Rusak di Perbatasan Gunungkidul Kembali Dilanjutkan

David Kurniawan
Selasa, 26 April 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perbaikan Jalan Rusak di Perbatasan Gunungkidul Kembali Dilanjutkan Salah seorang pekerja sedang mengatur lalu lintas untuk proses perbaikan jalan rusak di wilayah perbatasan di Kalurahan Sumberejo, Semin. Senin (25/4 - 2022)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Perbaikan jalan rusak di perbatasan Gunungkidul-Sukoharjo dikerjakan kembali. Total anggaran untuk perbaikan ruas sepanjang 1,7 kilometer ini sebesar Rp9,2 miliar.

Salah seorang warga di Kalurahan Sumberejo, Semin, Sunardi mengatakan, lanjutan perbaikan jalan rusak yang berbatasan dengan wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah sudah dikerjakan mulai Senin (25/4/2022). Titik yang dikerjakan awal berada kawasan Telaga Plumpit yang memiliki kerusakan parah.

Advertisement

“Sudah mulai dikeruk menggunakan alat berat, kemudian ditimbun dengan pasir untuk meratakan kontur jalan,” kata Sunardi kepada Harianjogja.com, Selasa (26/4/2022).

Ia berharap proses perbaikan berjalan dengan lancar sehingga akses bagi pengguna jalan di kawasan tersebut bisa kembali normal. “Jelas dengan kondisi jalan rusak sangat mengganggu, terutama saat musim hujan karena banyak kubangan air di sejumlah titik,” katanya.

Baca juga: Jelang Mudik, Sleman Kebut Perbaikan Jalan

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Subagyo, salah seorang warga asal Kalurahan Selang, Wonosari. Menurut dia, meski sudah ada perbaikan di jalur perbatasan di Kapanewon Semin, tapi belum seluruh ruas dikerjakan.

Kondisi ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat yang lewat karena harus lebih berhati-hati. Ia mengakui, pada saat ke Solo, Jawa Tengah seringkali menghindari jalan tersebut dan memutar melewati jalur di Kapanewon Ngawen.

“Cari jalan yang lebih bagus, meski harus memutar. Harapannya dengan perbaikan, maka kondisi kembali normal,” kata Subagyo.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY, Andi Kurniawan Dharma mengatakan, lanjutan perbaikan jalan rusak di perbatasan DIY-Jawa Tengah di Kapanewon Semin, ruas Pandanaan-Candirejo sudah mulai dikerjakan. Sesuai kontrak, pengerjaan dimulai sejak 12 April lalu dan akan berlangsung selama enam bulan ke depan.

Advertisement

“Setelah proses lelang, anggaran yang digunakan perbaikan mencapai Rp9,2 miliar,” katanya.

Andi menjelaskan, pengerjaan ini merupakan lanjutan perbaikan di 2021. Hasil pendataan, ruas Pandanan-Candirejo yang rusak sepanjang 3,2 kilometer, namun yang diperbaiki baru 1,5 kilometer. Sedangkan sisanya sepanjang 1,7 kilometer diperbaiki di tahun ini.

Disinggung mengenai jenis konstruksi, ia mengakui bahwa kegiatan sama dengan yang dilaksanakan di tahun lalu. Selain itu, jenisnya berbeda dengan cor beton jalan di wilayah Jawa Tengah karena pengerjaan disesuaikan dengan detail engineering design (DED) yang telah disusun. Pertimbangan menggunakan cor ini karena kondisi kontur tanah serta beban lalu lintas harian yang padat dan banyak dilalui kendaraan bermuatan berat.

Advertisement

“Kami menggunakan cor beton FS45 dan secara mutu dan kelenturan sudah memenuhi spesifikasi sehingga saat pengerjaan tidak menggunakan banyak rangka besi,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

Jogjapolitan | 39 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Negara yang Melegalkan Ganja Medis

News
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement