Advertisement

Jogja Macet saat Libur Lebaran, Dirlantas Polda DIY: Itu Wajar

Yosef Leon
Rabu, 11 Mei 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Jogja Macet saat Libur Lebaran, Dirlantas Polda DIY: Itu Wajar ilustrasi antrean kendaraan di perempatan Imogiri, Bantul, Jumat. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY menyebut kondisi macet atau kepadatan lalu lintas yang terjadi di hampir seluruh wilayah DIY selama periode libur Lebaran merupakan hal yang wajar. Dengan jutaan pengunjung yang datang ke Jogja, sementara kondisi jalan tidak berubah tentu berakibat pada kepadatan arus. 

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, puncak kepadatan lalu lintas terjadi pada Jumat (6/5/2022) lalu atau H+4 Lebaran. Titik kepadatan terjadi hampir di seluruh wilayah DIY. Hal itu disebutnya lumrah lantaran DIY kebanjiran pengunjung sampai jutaan orang.

Advertisement

"Memang kami akui bahwa kepadatan terjadi di sejumlah tempat. Makanya rekayasa arus lalu lintas dan sejumlah kebijakan lain yang ditempuh ditujukan untuk melihat kemampuan jalan untuk mengakomodir pengendara," kata Iwan, Rabu (11/5/2022). 

BACA JUGA: Serba-Serbi Lebaran di Jogja, Umat Nonmuslim: Kami Ikutan Sibuk seperti Mau Natalan

Tidak hanya di ruas jalan utama, kondisi macet juga terjadi di sejumlah jalur menuju destinasi wisata. Iwan mencontohkan seperti di Gembira Loka Zoo. Di hari biasa saja, kondisi pengendara jalan di seputaran lokasi itu sudah cukup padat. Apalagi di masa libur Lebaran. 

"GL Zoo itu punya akses jalan yang sangat kecil, satu jalur hanya ada dua lajur dan tanpa bahu jalan bahkan. Bayangkan saja bagaimana dengan situasi jalan di Jogja yang penduduknya statis kemudian ditambah kedatangan 3,9 juta," ungkapnya. 

Menurut Iwan, antusiasme pengunjung untuk berwisata ke Jogja memang luar biasa. Misalnya saja di wilayah Gunungkidul. Kepadatan arus sangat panjang dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengurainya. "Saat H+1, H+2 dan H+3 jam 23.30 Wib malam baru bisa cair arusnya," jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 19 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement