Advertisement

Asyik, Jembatan Gantung Penghubung Kalitirto-Tegaltirto Sudah Bisa Dipakai

Abdul Hamied Razak
Rabu, 11 Mei 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Asyik, Jembatan Gantung Penghubung Kalitirto-Tegaltirto Sudah Bisa Dipakai Jembatan Gantung Kalijogo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Rusak dan amblas akibat banjir pada 2019 silam, jembatan gantung yang menghubungkan antara Kalitirto dengan Tegaltirto di Berbah kini sudah bisa dipakai. Panjang jembatan yang melintasi Kali Opak tersebut sekitar 60 meter.

Jembatan gantung tersebut bernama Jembatan Gantung Kalijogo. Jembatan Gantung Kalijogo kini sudah bisa dimanfaatkan oleh warga dan mampu menghubungkan dua dusun.

Keberadaan jembatan itu diklaim mampu memangkas jarak tempuh warga antardusun sekitar 1,5 jam. Sayangnya, hanya kendaraan roda dua yang boleh melintas di jembatan gantung tersebut.

BACA JUGA: Hina Warga Jogja, Akun Rina Yellow Dilaporkan ke Polda DIY

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Wida Nurfaida mengatakan, pembangunan Jembatan Sanggrahan dilakukan untuk membuka akses dari Jalan Lingkar (Ring Road) Utara sebelah timur menuju ke Jalan Selokan Mataram.

"Dengan dibangunnya Jembatan Sanggrahan ini, diharapkan sebagai alternatif untuk membagi beban lalu lintas di Ring Road Utara dan menuju kota Jogja," ujar Wida dalam keterangan persnya. Rabu (11/5/2022).

Adapun Jembatan Gantung Kalijogo, kata Wida, sebelumnya pernah dibangun melalui dana CSR PT Telkom yg bekerja sama dengan Kodam IV Diponegoro dan diresmikan pada awal Januari 2019. Namun, jembatan tersebut runtuh pada tgl 30 Januari 2019 akibat banjir pada sungai yang membawa hanyutan.

"Jembatan ini akhirnya dibangun kembali dan selesai pada 2022 melalui APBN Kementerian PUPR," katanya.

Jembatan Kalijogo, lanjut Wida, berperan penting dalam menyatukan Dusun Karang Wetan sisi Utara dengan sisi Selatan sehingga dusun yg dulunya terpisah oleh Sungai Opak. Selain memperpendek jarak dan waktu tempuh, keberadaan jembatan gantung ini disambut gembira karena membuka potensi lain untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement