Advertisement

Tompeyan Disiapkan Jadi Pusat Anggur di Jogja

Sunartono
Selasa, 17 Mei 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Tompeyan Disiapkan Jadi Pusat Anggur di Jogja Heroe Poerwadi (kiri) saat berada di Kebun Tegal Anggur, Tegalrejo, Jogja, Senin (16/5/2022). - Istimewa/Kelurahan Tegalrejo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Masyarakat Kampung Tompeyan, Kelurahan Tegalrejo, Kemantren Tegalrejo, Jogja, mengembangkan budi daya tanaman dan bibit anggur.

Dengan memanfaatkan halaman rumah, mereka menanam dan menyemai anggur untuk pembibitan. Seiring perkembangan, kebun bernama Tegal Anggur diharapkan bisa menjadi pusat pembibitan anggur di Kota Jogja.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ketua Kelompok Tegal Anggur, Puji Waluyo, mengatakan kebun Tegal Anggur bermula saat awal pandemi Covid-19 pada 2020. 

“Kami awalnya iseng kok hasilnya bagus. Terus berlanjut dan ada pihak-pihak yang mendukung sehingga menambah semangat budi daya anggur sampai saat ini,” kata Puji, Senin (16/5/2022).

Ada sekitar 50 varian anggur yang ditanam dan dikembangkan bibitnya seperti tamaki, ninel, nizina, bogema, trans, dixon, serta julian. Pembibitan tanaman anggur dari setek batang tanaman anggur yang sudah dibuahkan.

“Tanaman anggur yang sudah berbuah dan batangnya tua dipotong untuk disetek. Permintaan bibit kebanyakan varian lama seperti ninel, trans, dan dixon,” katanya.

Adapun harga bibit tanaman anggur sekitar Rp100.000/bibit dengan ukuran tinggi sekitar 50 centimeter. Bibit-bibit anggur itu dipasarkan di Bantul serta pedagang di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Jogja. Pemasaran luar Jogja seperti Bekasi dan Bondowoso.

“Sementara ini bibit, ke depannya olahan. Dampaknya bagus soalnya bisa menambah pendapatan masyarakat. Ibu-ibu juga bisa membuat pupuk organik dan hasilnya kami aplikasikan ke tanaman anggur,” kata Puji.

Advertisement

Dalam pengembangannya, ada pula inovasi silang jenis anggur. Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan, beberapa kampung di Kota Jogja juga ada yang mengembangkan kebun anggur. Namun di Kampung Tompeyan ini lebih banyak mengembangkan pembibitan anggur.

Heroe berharap hasil persilangan bibit anggur antara lokal dan luar negeri bisa menghasilkan anggur yang berkualitas bagus, baik dari sisi besaran maupun produktivitas. “Harapan kami di sini menjadi pusat pembibitan anggur yang nanti bisa disebarkan di berbagai wilayah di Jogja. Bagian dari bagaimana kampung-kampung budidaya anggur bisa menjadi tempat produksi,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Begini Reaksi Erick Thohir

News
| Senin, 05 Desember 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement