Advertisement

PPDB DIY 2022: Siswa Miskin Terdaftar di DTKS Otomatis Lolos Jika Kuota Cukup

Sunartono
Senin, 06 Juni 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
PPDB DIY 2022: Siswa Miskin Terdaftar di DTKS Otomatis Lolos Jika Kuota Cukup Sejumlah calon peserta PPDB 2018 mengisi formulir untuk mendaftar sekolah, Selasa (3/7 - 2018).Harian Jogja/Uli febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Disdikpora DIY memastikan jalur siswa miskin sepenuhnya akan menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022. Pendaftar yang berasal dari keluarga DTKS secara otomatis akan lolos jika kuota masih memenuhi.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya menjelaskan kuota PPDB untuk siswa miskin ada 20%. Syarat siswa yang mendaftar ini keluarganya harus terdaftar di data DTKS. Sehingga penggunaan surat keterangan tidak mampu yang baru diterbitkan tak bisa digunakan. Karena data kepala keluarga dari pendaftar di sistem akan dapat dikoneksikan langsung dengan DTKS.

"Itu siswa harus memiliki bukti bahwa dia masuk dalam daftar penanggulangan kemiskinan artinya terdaftar di DTKS. Secara sistem aplikasi kami terkoneksi dengan data DTKS, sehingga begitu memasukkan data siswa secara online kami bisa tahu apakah pendaftar ini termasuk DTKS atau tidak," katanya Senin (6/6/2022).

BACA JUGA: Sultan Mengaku Tak Tahu Menahu Perizinan Apartemen yang Menjerat Haryadi Suyuti

Secara umum persentase jalur PPDB SMA/SMK di DIY untuk zonasi 55 persen, afirmasi untuk siswa kurang mampu 20 persen, perpindahan tugas orangtua ke DIY 5 persen dan 20 persen untuk jalur prestasi.

Ia menambahkan pihak sekolah maupun Disdikpora DIY tidak akan melakukan survei ke lapangan untuk memastikan bahwa pendaftar yang terdaftar di DTKS itu benar-benar miskin atau hanya rekayasa. Jawatannya sepenuhnya menggunakan data tersebut karena diterbitkan oleh dinas lain yang berkompetensi dalam hal ini Dinas Sosial melalui koordinasi dengan level paling bawah di tingkat kelurahan.

"Kami percaya dengan data DTKS karena tentu selalu di-update oleh Dinsos. Kalau punya DTKS otomatis lolos ketika daya tampung itu tidak terlampaui. Tetapi jika kuotanya sudah penuh maka akan menggunakan alat seleksi berupa nilai gabungan," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Beralih ke Kompor Induksi, Warga Kota Solo Hemat hingga 40 Persen

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement