Advertisement

Tak Mampu Bayar Utang, Rumah Warga Gunungkidul Ini Disita Pengadilan

David Kurniawan
Senin, 13 Juni 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Tak Mampu Bayar Utang, Rumah Warga Gunungkidul Ini Disita Pengadilan Sejumlah personel dari kepolisian dan TNI diterjunkan untuk mengamankan proses eksekusi salah satu rumah di Kalurahan Baleharjo, Wonosari, Senin (13/6/2022)-Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pengadilan Negeri (PN) Wonosari mengeksekusi sebuah rumah di Dusun Rejosari, Baleharjo, Wonosari, Senin (13/6/2022). Penyitaan dilakukan karena pemilik tak bisa membayar utang di sebuah bank milik BUMN.

Panitera Juru Sita, Pengadilan Wonosari, Syaidu Amni mengatakan, penyitaan sudah melalui proses pelelangan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Rencananya, usai pengosongan maka hak atas rumah tersebut diberikan kepada pemenang lelang.

Advertisement

“Untuk pelaksanaan kami juga meminta bantuan pengamanan dari Polres Gunungkidul,” kata Syaidu kepada wartawan, Senin.

Menurut dia, proses lelang sudah berlangsung sejak 2019 lalu. Meski demiikian, baru terlaksana sekarang untuk kepastian hukum yang tetap terkait dengan masalah ini.

BACA JUGA: Konser di Sebuah Mal di Jogja Berujung Ricuh, 11 Orang Terluka

Adapun pelaksanaan penyiataan juga mengacu pada penetapan ketua pengadilan negeri Wonosari Nomor 4/Pdt.Eks/2022/PN Wonosari tanggal 3 Juni 2022. “Dengan surat ini maka dilakukan penyitaan terhadap objek rumah dengan luas 253 meter di Kalurahan Baleharjo,” katanya.

Menurut dia, proses berjalan dengan lancar. Seluruh isi telah dikeluarkan dan petugas sita mengganti seluruh kunci di rumah tersebut. “Sudah berhasil dikosongkan, kemudian diserahkan ke pemenang lelang,” katanya.

Disinggung mengenai pelaksanaan penyitaan, Syaidul mengatakan karena pemilik gagal memenuhi kewajibannya membayar utang ke bank BUMN. Sebelum dilakukan eksekusi ada musyawarah antara kedua belah pihak karena pemohon eksekusi mengajukan permohonan aanmaning tetapi tidak ada titik temu.

“Saat pertama tidak hadir, pertemuan kedua dan ketiga hadir juga tidak sepakat menyerahkan obyek bangunan kepada pemohon. Akhirnya dilakukan eksekusi,” katanya.

Kepala Bagian Operasional, Polres Gunungkidul Kompol Sunarto mengatakan, sejumlah personel diterjunkan untuk proses penyitaan rumah di Kalurahan Baleharjo. Menurut dia, proses eksekuis berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan sehingga objek dapat dikosongkan.

“Semuanya lancar, dan semua barang didalam rumah juga sudah dikeluarkan,” kata Sunarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement