Advertisement

Antisipasi Kenaikan Covid-19 Usai Libur Sekolah, DIY Kebut Booster

Sunartono
Selasa, 28 Juni 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Antisipasi Kenaikan Covid-19 Usai Libur Sekolah, DIY Kebut Booster Pelaksanaan vaksinasi booster yang diikuti warga, Selasa (28/6/2022). - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--DIY kembali menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster untuk mengejar perluasan warga yang mendapatkan dosis ketiga. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah varian baru yaitu BA.4 dan BA.5.

Berdasarkan data Pemda DIY cakupan booster sebanyak 1.016.456 atau sekitar 35,30%, kemudian dosis kedua 2,87 juta jiwa atau 100,01% dan dosis pertama 3,10 juta jiwa atau 101,7%. Pelaksanaan vaksinasi booster pun terus digencarkan dengan melibatkan berbagai pihak baik dari kalangan BIN DIY, Dinas Kesehatan dan Kepolisian. Pada Selasa (28/6/2022) digelar vaksinasi di Polsek Minggir, Sleman melalui kolaborasi lintas lembaga pemerintahan.

Wakil Koordinator Vaksinasi Binda DIY Aris Daryono menjelaskan berbagai upaya dilakukan melibatkan berbagai pihak untuk menggelar vaksinasi terutama untuk menambah cakupan booster. Adapun vaksinasi yang disediakan berbagai jenis merek seperti pfizer, astrazeneca, sinovac dan lainnya.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi ini sasarannya memang booster, tetapi jika ada warga yang butuh dosis kedua misalnya tetap dilayani," katanya Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Capaian Vaksinasi Booster Jogja Diklaim Terbaik Se-Indonesia, Segini Angkanya

Percepatan booster ini dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru BA.4 dan BA.5. Selain itu Kemenkes memperkirakan bakal terjadi kenaikan Covid-19 usai liburan sekolah tepatnya pada Juli 2022 mendatang. Karena saat liburan kemungkinan banyak pelaku perjalanan di berbagai daerah terutama di kawasan wisata.

"Karena menurut para ahli vaksinasi ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadi keparahan, sehingga cakupannya berusaha diperluas. Selain mencegah varian baru juga antisipasi usai libur sekolah," katanya.

Kapolsek Minggir AKP Noor Dwi Cahyanto mengatakan untuk menarik minat masyarakat melakukan booster jawatannya menyediakan minyak goreng untuk dibawa pulang masyarakat usai divaksin. Sebelumnya sempat minim pendaftar, namun setelah diberikan motivasi mendapatkan minyak goreng sehingga banyak yang datang.

"Jumlah warga yang mendaftar sekitar 500 orang, memang cukup antusias untuk datang. Kami berharap ini memberikan manfaat kesehatan bagi warga dan cakupan vaksinasi semakin luas," ujarnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Cacar Monyet Menyebar melalui Pria Gay yang Berhubungan Seks?

News
| Selasa, 09 Agustus 2022, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement