Advertisement

Harga Bawang Merah Masih Mahal

Ujang Hasanudin
Minggu, 03 Juli 2022 - 12:07 WIB
Bhekti Suryani
Harga Bawang Merah Masih Mahal Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Memasuki awal Juli, sejumlah kebutuhan pokok di Bantul terpantau masih cukup tinggi harganya, seperti bawang merah. Tingginya beberapa komoditas ini diduga karena hasil panen petani yang tidak maksimal.

Salah satu pedagang sembako Pasar Imogiri, Muldiyem, menjelaskan saat ini harga bawang merah mencapai Rp60.000 per kg. Harga ini kata dia sudah berlangsung sekitar tiga hari. “Sebelumnya Rp55.000,” ujarnya, Sabtu (2/7/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Harga bawang merah ini terpaut cukup jauh dari bawang putih, yang ia jual di harga Rp18.000 per kg, dari harga kulakan Rp15.000 per kg. Tingginya harga bawang merah menurutnya karena banyak bawang merah yang busuk. “Yang pada nanam tidak jadi, jadinya terus mahal karena sedikit barangnya,” ungkapnya.

Selain bawang merah, cabai rawit merah yang sudah naik dari beberapa waktu lalu saat ini pun juga masih tinggi, yakni mencapai Rp100.000. Sedangkan untuk telur saat ini harganya di kisaran Rp26.000-Rp27.000 per kg. “Masih tinggi, tahan lama mahalnya,” kata dia.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan, ia membeli merk Hemat seharga Rp220.000 per karton. Kemudian ia menjualnya seharga Rp20.000 per liter. Lalu untuk minyak goreng curah ia menjual seharga Rp14.000 per liter.

Sebelumnya, petani bawang merah di Parangtritis, Kasman, mengatakan mahalnya bawang merah saat ini karena pada musim ini rata-rata panen bawang merah hasilnya minim sehingga menyebabkan sedikitnya pasokan bawang merah.

“Hasil tidak maksimal, hancur. Jadi katakanlah se-Jogja itu seharusnya disetori dari Parangtritis saja sudah cukup, namun karena panennya jelek barang kurang. Mahalnya itu karena antara produksi dengan konsumen lebih banyak konsumennya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berdarah Kulonprogo, Ini Profil Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement