Advertisement

KTP Rusak atau Hilang? Jangan Khawatir, Layanan Cetak Drive Thru Kembali Dibuka

Yosef Leon
Selasa, 05 Juli 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
KTP Rusak atau Hilang? Jangan Khawatir, Layanan Cetak Drive Thru Kembali Dibuka Masyarakat menggunakan layanan KTP-el drive thru di halaman Kantor Kemantren Kotagede, Jogja, Kamis (7/10/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja kembali membuka layanan tanpa turun (lantatur/drive thru) cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) yang rusak maupun hilang setelah sempat vakum beberapa waktu lalu.

Kepala Disdukcapil Kota Jogja, Septi Sri Rejeki mengatakan pada Juli-Agustus 2022 mendatang, layanan tersebut akan dilaksanakan di Kemantren Mergangsan.

Advertisement

"Layanan ini akan dimulai 5 Juli 2022 di Kemantren Mergangsan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini setiap Selasa dan Kamis pukul 09.00 WIB-12.30 WIB," katanya Selasa (5/7/2022).

BACA JUGA: Babarsari Rusuh, Begini Tanggapan Warganet..

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan itu diharuskan untuk membawa beberapa persyaratan seperti KTP asli, surat kehilangan dari polsek setempat, dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

"KTP asli ini untuk syarat perubahan data, kedatangan maupun rusak, sedangkan surat kehilangan dari Polsek untuk mengurus KTP hilang," ujarnya.

Namun demikian jika yang mengajukan pencetakan KTP bukan yang bersangkutan atau bukan yang tercantum dalam KK maka diwajibkan membawa surat kuasa bermaterai Rp10.000.

Diharapkan dengan adanya layanan drive thru di wilayah ini, dapat lebih memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya. "Pelayanan ini tentunya lebih cepat sehingga masyarakat jadi lebih nyaman untuk memperbarui KTP,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Curhat Sempat Semedi 3 Hari Sebelum Putuskan Lockdown

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement