Advertisement

Bupati Kulonprogo Tegaskan Tol Jogja-YIA Harus Perhatikan Aspek Lingkungan

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Juli 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Bupati Kulonprogo Tegaskan Tol Jogja-YIA Harus Perhatikan Aspek Lingkungan Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana-Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana menegaskan pembangunan tol Jogja- Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo harus memperhatikan beragam aspek.

Antara lain aspek lingkungan, keselamatan, sosial warga hingga pemberdayaan masyarakat. Dikatakannya, dari hasil audiensi dengan kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur, pembangunan tol di Jogja akan dibagi menjadi tiga tahap.

Pasalnya, proyek itu kemungkinan besar dibangun di atas tanah, bukan melayang (elevated).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Pihaknya berharap bila nanti jalan tol melewati sungai maupun saluran air, agar dilakukan penelitian sejak awal. "Sehingga tidak ada gangguan-gangguan lingkungan di kemudian hari," katanya, Kamis (7/14/2022) seusai beraudiensi dengan kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur.

BACA JUGA: Trase Tol Jogja-YIA Sudah Final! Total 17 Desa Dilintasi

Saktiyana juga membahas keselamatan masyarakat di kawasan yang dilewati jalan tol. Menurutnya sejumlah skema pengamanan harus disiapkan untuk melindungi warga.

"Juga tentu yang harus kita siapkan adalah keamanan masyarakat sekitar. Kan jalan tol ini kan kecepatan tinggi, pengamanan pagar dan sebagainya juga kita harus persiapkan," tuturnya.

Tidak hanya aspek lingkungan dan keselamatan, Saktiyana juga menaruh perhatian besar pada aspek sosial masyarakat dengan keberadaan jalan tol.

Menurutnya perlu dibangun adanya jalan penghubung wilayah antar-sisi tol agar hubungan sosial masyarakat tetap terjaga. "Walaupun tidak kita tuntut jalannya itu bisa untuk lewat mobil papasan tidak, tetapi yang penting fungsi sosialnya masih bisa berjalan tidak terputus gara-gara jalan tol," tegasnya.

Advertisement

"Mungkin ada jalan entah itu di atas jalan tol atau di bawah jalan tol yang walaupun jalannya tidak terlalu lebar tapi itu merupakan cara untuk hubungan sosialnya masih tetap bisa berlangsung antara sisi jalan tol sebelah kanan dengan kiri dan sebaliknya, utara - selatan barat - timur ini supaya bisa berlangsung," tambahnya.

Agar tetap memberikan dampak bagi masyarakat Kulonprogo, ia berharap adanya exit tol yang bisa keluar ke daerah-daerah yang memiliki potensi di Kulonprogo seperti kawasan Menoreh misalnya. Dia juga berharap keberadaan rest area tol di Kulonprogo bisa memberdayakan UMKM dari masyarakat Kulonprogo. "Tentu, kita tidak ingin Rest Area itu sama sepeti mal-mal yang lain yang isinya cuma-cuma itu saja," tukasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragis! Resesi Bikin Rakyat Inggris Kelaparan

News
| Selasa, 27 September 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement