Advertisement

Peringatan Dasawarsa Keistimewaan Melibatkan Banyak Pihak

Media Digital
Rabu, 03 Agustus 2022 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
Peringatan Dasawarsa Keistimewaan Melibatkan Banyak Pihak Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dasawarsa Keistimewaan atau peringatan 10 tahun keistimewaan DIY akan digelar pada Agustus 2022 ini.

Pemda DIY melalui Paniradya Kaistimewan DIY serta organisasi perangkat daerah (OPD) DIY hingga kabupaten, kapanewon dan kelurahan hingga masyarakat umum dilibatkan dalam hajatan besar ini.

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho menjelaskan peringatan dasawarsa keistimewaan akan digelar dengan melibatkan berbagai pihak baik di level pemerintahan, seniman maupun masyarakat umum.

Pelaksanaan event ini dijadwalkan dihelat mulai 10 Agustus 2022 hingga 10 September 2022. Secara umum tampilannya bakal merajut sejumlah program berkaitan dengan keistimewaan DIY yang selama ini sudah dijalankan.

“Untuk dasawarsa keistimewaan DIY ada kegiatan mulai dari 10 Agustus sampai 10 September 2022, aktivitas yang dipersiapkan secara umum merajut apa yang sudah dilakukan teman-teman baik di OPD, kabupaten, kapanewon hingga kalurahan,” katanya.

Aris mengatakan peringatan dasarwarsa ini merupakan kerja kolaborasi multipihak. Baik di lingkungan OPD DIY, kabupaten, kapanewon hingga level kalurahan yang selama ini sudah menjalankan beragam program keistimewaan DIY. Sejumlah kegiatan mungkin tidak secara khusus berkaitan dengan dasawarsa, akan tetapi kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan.

“Tidak semua secara khusus tentang dasawarsa tetapi bagaimana yang sudah dilakukan teman kabupaten dan kota, kalurahan, kapanewon maupun Pemda DIY digabung menjadi satu menjadi bagian kolaborasi di 10 Agustus sampai 10 September 2022,” katanya.

Peringatan Dasawarsa tersebut akan ada semacam gebyar mulai dari pembukaan dan penutupan. Sejumlah seniman turut dilibatkan dalam kegiatan ini. “Ada semacam peringatan gebyar, itu nanti akan ada pembukaan sama nanti penutupan juga. Termasuk beberapa seniman terlibat dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Aris menegaskan masyarakat umum dilibatkan dalam event ini. Selain itu secara umum dari Pemda DIY kabupaten, kapanewon hingga kalurahan. Mengingat sebagian besar program keistimewaan di DIY sepenuhnya berjalan melalui kolaborasi dengan masyarakat. “Semuanya melibatkan masyarakat umum bukan Pemda DIY sendiri,” ujarnya.

Peringatan dasawarsa ini sekaligus untuk refleksi keistimewaan DIY yang sudah berjalan 10 tahun. Saat bersamaan saat ini sedang dalam proses penetapan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027. Sehingga refleksinya, kata Aris, lebih diarahkan terkait dengan pencapaian target  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan bagian dari tujuan keistimewaan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement