Advertisement

Warga Pasang Spanduk Yogyakarta City of Tolerance, Ini Tujuannya...

Sunartono
Senin, 22 Agustus 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Warga Pasang Spanduk Yogyakarta City of Tolerance, Ini Tujuannya... Warga saat akan memasang spanduk Yogyakarta City of Tolerance di Simpang Tiga UIN Sunan Kalijaga. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah warga memasang spanduk berisi pernyataan menolak segala bentuk kekerasan dan mempertahankan Jogja sebagai kota yang toleran. Spanduk Yogyakarta City of Tolerance tersebut terpasang di Simpang Tiga UIN Sunan Kalijaga dan Simpang Tiga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Koordinator Paguyuban Gejayan Ayem Tentrem Budi Wasono pemasangan spanduk itu dengan harapan memberikan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat terkait pentingnya saling memahami dan toleransi antarwarga. Kebiasaan saling menghormati dan toleransi menurutnya sudah menjadi warisan leluhur Jogja sejak masa lampau.

Advertisement

Sehingga sudah menjadi kewajiban semua elemen masyarakat untuk tetap mempertahankannya. Adapun pemasangan spanduk tersebut telah dilakukan warga pada Minggu (21/8/2022) bersamaan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Baca juga: Penyuluh Antikorupsi Diharapkan Bantu Cegah Korupsi di DIY

"Kita tentunya tidak ingin keramahan dan toleransinya Jogja ini terkikis akibat perbuatan segelintir pihak. Bahkan akhir-akhir ini sering muncul istilah Jogja tidak aman, darurat klithih sampai intoleran. Ini harus kita upayakan bersama lewat edukasi agar Jogja tetap menjadi kota penuh toleransi," katanya, Senin (22/8/2022).

Warga yang memasang menurutnya dari berbagai kalangan mulai dari tukang becak, tukang parkir, karyawan konter elektronik hingga pelaku usaha tradisional. Ia menilai jika predikat toleransi tetap dipertahankan maka warga akan mendapatkan manfaat tersendiri karena masyarakat dari luar Jogja yang datang akan mendapatkan rasa aman.

"Selain untuk menjaga tradisi HUT Kemerdekaan RI ke 77, sekaligus menjadi momentum untuk menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa kami masyarakat Jogja menolak segala bentuk tindak kekerasan, anarkisme dan premanisme yang semakin lama bisa mengikis budaya Jogja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement