Advertisement

UPN Veteran Yogyakarta Serahkan Sertifikat Bela Negara pada Mahasiswa Baru

Anisatul Umah
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 18:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UPN Veteran Yogyakarta Serahkan Sertifikat Bela Negara pada Mahasiswa Baru Kegiatan Penyerahan Sertifikat Bela Negara bagi Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2022/2023, Sabtu (27/8 - 2022). Anisatul Umah/Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN-Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta melaksanakan penyerahan Sertifikat Bela Negara bagi Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2022/2023, Sabtu (27/8/2022). Nilai-nilai bela negara di UPN telah ditanamkan sejak masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN).

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Mohammad Irhas Effendi mengatakan pengenalan kehidupan kampus di UPN Veteran Yogyakarta memang terkesan berbeda dengan perguruan tinggi lain. UPN menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menetapkan bela negara sebagai landasan pelaksanaan Tri Dharma. Baik di UPN Veteran Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jakarta.

Advertisement

Irhas menjelaskan peta jalan bela negara ini disusun melalui penyadaran bela negara. Bahwa bela negara ini penting bagi warga negara. Peta jalan kedua tidak hanya sadar, tapi harus paham.

"Apakah cukup sadar dan paham? tidak. Harus ada proses internalisasi nilai-nilai bela negara ke semua civitas akademika, pegawai dan masyarakat," ucapnya dalam sambutannya di Gedung Seminar Fakultas Teknologi Mineral, UPN Veteran Yogyakarta.

Baca juga: Wisudawan Harus Jadi Pionir Bela Negara

Kemudian jika sudah dilakukan internalisasi diharapkan akan terjadi perubahan sikap dan perilaku pada civitas akademika. Perilaku baik yang dilandasi karakter bela negara.

Perbedaan UPN Veteran dengan perguruan tinggi lain tidak hanya dalam pengenalan kehidupan kampus. Namun sudah dimulai sejak penerimaan mahasiswa baru. Bagi calon mahasiswa yang memiliki karakter bela negara atau potensi bela negara bisa masuk melalui jalur khusus.

"Kami beri prioritas, bahkan kami buka empat jalur. Khusus seleksi lainnya dengan skema bela negara," jelasnya.

Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigadir Jenderal TNI Dr. Jubei Levianto mengatakan kegiatan apapun yang memiliki nilai positif menjadi bentuk bela negara. Nilai-nilai bela negara menurutnya sudah ada sejak negara ini berdiri.

Di hadapan mahasiswa dia mengajak untuk mempelajari dan memaknai sejarah bangsa. Serta tidak melupakan para pejuang kemerdekaan.

Jubei menyebut dewasa ini banyak dipertontonkan karakter-karakter yang tidak mencerminkan sikap bela negara. Seperti korupsi, narkotika, hingga terorisme.

"Jangan salahkan institusi yang salah adalah karakter kita, manusianya yang salah. Institusinya itu baik. Institusi polisi jaga ketertiban dan keamanan, mengayomi masyarakat dan lainnya. Karakter manusianya belum tentu baik, bagaimana membangun karakter itu dengan kesadaran bela negara," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement