Advertisement

Suporter PSS Sleman Meninggal Dianiaya, Ini Langkah Pemda DIY

Sunartono
Senin, 29 Agustus 2022 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Suporter PSS Sleman Meninggal Dianiaya, Ini Langkah Pemda DIY Ilustrasi kekerasan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY meminta kepada pimpinan organisasi suporter agar memaksimalkan sosialisasi perdamaian demi mencegah terjadi kekerasan.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan Pemda DIY menaruh perhatian besar terkait peristiwa meninggalnya salah satu suporter PSS Sleman seusai menonton pertandingan. Karena peristiwa serupa bukan pertama kalinya terjadi, melainkan justru berulang. "Tentu ini menjadi perhatian kami, karena ini bukan pertama kali," katanya di Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Senin (29/8/2022).

Aji menambahkan berkaitan dengan suporter tentunya ada yang mengorganisasi. Oleh karena itu ia meminta kepada pimpinan suporter untuk secara maksimal melakukan sosialisasi kepada anggotanya agar menyerukan perdamaian untuk mencegah terjadinya kekerasan

"Saya kira teman jadi pimpinan organisasi bisa ikut menyosialisasikan kepada anggota agar tidak melakukan tindakan kekerasan saat sebelum maupun sesudah permainan. Ini efektif dilakukan mereka sendiri," katanya.

BACA JUGA: Ferdy Sambo Bakal Kenakan Baju Tahanan Saat Rekonstruksi Kasus Brigadir J

Selain itu Pemda DIY meminta kepada panitia penyelenggara agar bisa mengantisipasi terutama ketika mendudukkan dua kelompok suporter yang berbeda pendapat atau dukungan. "Tentu pelaksanaan penyelenggaraan pertandingan tentu agar pengaturan tempat duduk penonton dibuat sedemikian rupa. Supaya tidak ada kontak langsung antar suporter yang selama ini berbeda pendapat," ujarnya.

Ia mengatakan masing-masing penonton pada saat berangkat maupun sedang di lokasi atau pulang harus selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kelompok yang memang tujuannya bikin kerusuhan. Jangan sampai orang niatnya menonton baik-baik tetapi justru menjadi korban dari kelompok penonton yang niatnya bukan hanya nonton tetapi bikin masalah.

"Ini harus jadi perhatian. Tentu petugas keamanan tidak bisa mengawal semua penonton sampai rumah. Petugas akan lebih banyak konsentrasi di tempat pertandingan," katanya.

Terkait kesiapan Pemda kemungkinan memfasilitasi pertemuan untuk perdamaian, Aji menegaskan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam beberapa kesempatan pun siap memfasilitasi.

"Ngarso Dalem selalu ngendikan kalau memang belum bisa diselesaikan di tingkat bawah, beliau bisa siap untuk melakukan pertemuan sosialisasi mendamaikan dari pihak bertikai," ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement