Advertisement

Polwan Polres Bantul Gelar Patroli Humanis

Ujang Hasanudin
Sabtu, 03 September 2022 - 00:07 WIB
Arief Junianto
Polwan Polres Bantul Gelar Patroli Humanis Polwan Satlantas Polres Bantul memberikan imbauan keselamatan berlalu lintas kepada pengendara yang melanggar di Jalan Jenderal Sudirman Bantul, Kamis (1/9/2022). - Istimewa/Humas Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Polwan Polres Bantul melakukan patroli humanis dan persuasif dalam memberikan imbauan keamanan berlalu lintas dan bekerndara di di jalan raya. Patroli dilakukan di sejumlah ruas jalan di wilayah Bantul.

Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Bantul, Ipda Ni Ketut Reni Juliani mengatakan patroli secara humanis ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Polwan ke-74 yang jatuh pada Kamis (1/9/2022).

“Kami menggelar patroli sekaligus mengedukasi masyarakat. Sasaran dalam patroli ini di antaranya pelanggaran lalu lintas yang berpotensi bisa menyebabkan kecelakaan atau yang membahayakan orang lain,” kata Reni, sapaan akrab Ni Ketut Reni Juliani, Jumat (2/9/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Reni mengatakan patroli dilakukan dengan menyasar pelanggar lalu lintas seperti tidak mengenakan helm standar SNI, melawan arus, tidak mengenakan sabuk pengaman, dan mengenakan telepon selular saat berkendara.

BACA JUGA: Pegiat Kopi dari Seluruh Nusantara Bertemu di Jogja

Meski ditemukan pelanggar, tetapi tidak diberikan penindakan, melainkan diberikan edukasi secara humanis agar masyarakat paham tentang pentingnya tertib dalam berlalu lintas dan bahayanya apabila dalam menaati peraturan berkendara. “Pelanggar tidak langsung kami tindak. Kami berikan teguran melalui upaya preemtif, preventif dan juga persuasif soal keamanan berkendara” ujarnya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan menegaskan keselamatan rakyat harus menjadi prioritas bagi para personel Polres Bantul. Namun dalam memberikan penindakannya dan himbauan terkait dengan pelanggaran hukum harus mengedepankan tindakan secara persuasif dan humanis.

Meski humanis tetapi bukan berarti polisi lemah dalam menegakkan humum. Namun, hal itu semata-mata sebagai upaya agar personel Polres Bantul bisa semakin dekat dengan masyarakat.

Dalam peringatan Hari Polwan ke-74 ini, Kapolres juga menyampaikan bahwa polisi pria maupun wanita memiliki kedudukan yang sama sebagai penegak hukum maupun pengayom masyarakat. Meskipun perempuan, polwan tetap mendapat kesempatan dalam melakukan tugasnya sebagai polisi. “Mau polisi pria maupun wanita tetap memiliki kesempatan dan tempat dalam bertindak,” tegas ihsan. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kesaksian Penonton saat Tragedi Kanjuruhan, Kengerian Menyayat di Depan Mata

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement