Advertisement

Pemkot Jogja Tambah Tiga Ruang Terbuka Hijau, Mana Saja?

Yosef Leon
Selasa, 20 September 2022 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Pemkot Jogja Tambah Tiga Ruang Terbuka Hijau, Mana Saja? Ilustrasi hutan kota. (Solopos - Sunaryo Haryo Bayu)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menambah tiga ruang terbuka hijau publik (RTHP) di wilayahnya pada 2022 ini. Ketiganya berada di Rejowinangun, Warungboto dan Keparakan dengan rata-rata anggaran mencapai Rp190 juta per RTHP

Kepala DLH Kota Jogja, Sugeng Darmanto mengatakan, pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun belakangan membuat pembangunan RTHP tertunda lantaran realokasi anggaran. Pada tahun ini penambahan RTHP kembali dilaksanakan. 

Advertisement

"Itu daftar lama yang harus kita bangun, karena kan ada 26 titik yang harus kita kejar untuk dibangun RTHP. Karena pandemi kan pembangunan RTHP berhenti, makanya kita kejar lagi," kata Sugeng, Selasa (20/9/2022). 

Sugeng menyebut, konstruksi pembangunan direncanakan bisa dimulai pada akhir November atau Desember mendatang. Sebab anggarannya saat ini masuk ke dalam APBD perubahan 2022 yang tengah diajukan ke Gubernur untuk mendapat persetujuan. 

"Kita masih nunggu persetujuan dari APBD perubahan, mungkin pertengahan Desember sudah rampung kita targetkan. Mau tidak mau ya harus selesai, ini juga sudah masuk musim hujan," ujarnya.

BACA JUGA: PKL di Teras Malioboro 2 Bakal Dipindah Lagi, Begini Respons Pedagang

Menurutnya jumlah RTHP di wilayah Jogja saat ini masih jauh dari ketentuan rekomendasi yang mengharuskan 30 % dari keseluruhan luas lahan. Oleh karenanya, upaya untuk membangun RTHP secara bertahap terus dilaksanakan. 

"Saat ini total luas RTHP di Jogja sekitar 2,6 hektare. Ada sekitar 49 ruang terbuka hijau publik yang tersebar di berbagai lokasi dan secara bertahap akan kita tambah," katanya. 

DLH nantinya akan mengkonsep lansekap tiap-tiap RTHP jika APBD perubahan disetujui. Tiga RTHP yang akan dibangun itu disebut Sugeng juga tidak terlalu besar. Sehingga anggaran yang dibutuhkan juga tidak terlalu signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement