Advertisement

Kesbangpol Sleman Ajak Ormas dan LSM Wujudkan Pemilu Berkualitas

Lugas Subarkah
Rabu, 28 September 2022 - 07:47 WIB
Sirojul Khafid
Kesbangpol Sleman Ajak Ormas dan LSM Wujudkan Pemilu Berkualitas Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, membuka seminar Kesbangpol bersama ormas dan LSM, di Pringsewu Resto, Selasa (27/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai upaya menyukseskan Pemilu Serentak 2024, Pemkab Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengajak organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) turut berperan.

Untuk itu, bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU Sleman, Kesbangpol Sleman menggelar seminar dengan tema Peran Ormas Dan LSM dalam Mengawal Pemilu yang Berkualitas di Kabupaten Sleman, di Rumah Makan Pringsewu, Mlati, Sleman, Selasa (27/9/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional Kesbangpol Sleman, Achmad Raharjo, menjelaskan kegiatan ini bertujuan meningkatkan sinergitas antara Ormas, LSM, Pemerintah Kabupaten Sleman, serta stakeholder lainnya dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Ormas dan LSM yang masuk kategori Non-Governmental Organization (NGO), menurutnya, memegang peranan penting sebagai pilar demokrasi. Keterlibatan Ormas dan LSM dinilai penting dalam membangun demokrasi di Indonesia.

BACA JUGA: UPNVY Undang Juara Karate Dunia Sandra Sanchez ke Jogja

Peran ini terutama dalam hal mengawasi kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. "Hal ini dapat dimaknai sebagai kesadaran politik warga negara untuk turut bertanggung jawab menciptakan sistem dan produk politik yang bersih dan sehat," ujarnya.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menuturkan Ormas dan LSM memegang peran yang sangat penting dalam mengawal serta mengawasi jalannya Pemilu. Ormas dan LSM juga diharapkan dapat ikut terlibat secara aktif sebagai penyelenggara pemilu, baik di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun sebagai pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan basis keanggotaan masing-massing, ormas dan LSM diharapkan bisa meneruskan informasi yang disampaikan. "Harapan saya, nanti perwakilan Ormas dan LSM ini nanti dapat menginformasikan terkait hasil seminar kami kali ini, sehingga Pemilu Serentak 2024 nantinya dapat berjalan sukses," ujarnya.

Advertisement

Ormas dan LSM juga didorong untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya menggunakan hak pilih dalam pemilu. “Pemilih yang cerdas akan menghasilkan kepemimpinan yang baik. Ormas dan LSM harus ikut secara aktif,” katanya.

BACA JUGA: 11 Mahasiswa AS Dikenalkan Pancasila dan Keberagaman Budaya Jogja

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement