Advertisement

Jalan Bantul Dilebarkan, Pedagang Cepit Tunggu Sosialisasi

Dwi Cahyanti
Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Jalan Bantul Dilebarkan, Pedagang Cepit Tunggu Sosialisasi Suasana di Jalan Bantul, Selasa (11/10/2022). - Harian Jogja/Dwi Cahyanti

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Rencana pelebaran Jalan Bantul oleh Pemkab Bantul untuk meminimalkan terjadinya kemacetan dan kecelakaan menuai pro dan kontra dari sebagian masyarakar sekitar.

Menurut warga yang sehari-harinya beraktivitas di sekitar Jalan Bantul, tepatnya di kawasan Cepit, Latif sejatinya tak menolak adanya rencana pelebaran jalan tersebut. Terlebih, tujuan pelebaran itu adalah untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia tak menampik sepanjang Jalan Bantul, terutama di sekitar simpang tiga Cepit memang acap terjadi kecelakaan lalu lintas. 

"Setiap pagi, jam kerja dan jam pulang kerja, sering terjadi kemacetan. Akibatnya, banyak pengendara jalan keluar dari badan jalan, sehingga tergelincir bekas rel yang ada di pinggir jalan. Itu yang mengakibatkan banyak pengendara terpeleset," ucap dia, Selasa (11/10/2022).

Namun, dia menyayangkan belum adanya sosialisasi dari Pemkab Bantul terkait dengan rencana pelebaran jalan itu. Sosialisasi itu, kata dia, khususnya terkait dengan nasib para pedagang yang sehari-hari berjualan di sekitar Jalan Bantul. 

"Lagipula sosialisasi juga perlu agar semuanya tidak terkesan dadakan kan. Jadi kami juga bisa bersiap-siap," kata dia.

BACA JUGA: Diajukan sejak Tahun Lalu, Dana Rehab Pasar Mangiran dan Barongan Belum Jelas

Diketahui, Pemkab Bantul berencana melebarkan Jalan Bantul. Hal itu dilakukan untuk menampung mobilitas kendaraan sekaligus mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut.

Advertisement

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Aris Suharyanta mengatakan proses pelebaran jalan akan bertahap dari simpang tiga Cepit sampai batas kota Bantul.

Proses penataan Jalan Bantul, kata dia, akan dilakukan pada 2023 mendatang melalui anggaran dari APBN karena jalan tersebut merupakan Jalan Nasional.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional DIY-Jawa Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, beberapa waktu lalu, terkait penataan jalan Bantul tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 6 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement