Advertisement

Parpol Berburu Caleg, Lurah dan Mantan Lurah Laris Manis

David Kurniawan
Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Parpol Berburu Caleg, Lurah dan Mantan Lurah Laris Manis Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Partai politik (parpol) terus melakukan penjaringan bakal calon legislatif. Di dalam penjaringan ini banyak parpol yang mengajak lurah maupun mantan lurah untuk bertarung di Pemilu 2024.

Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin mengatakan, proses penjaringan masih berlangsung untuk mendapatkan kandidat yang siap maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Dia tidak menampik dalam proses ini juga mengincar mantan lurah untuk ikut bergabung.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meski tidak menyebut secara rinci, Udin mengaku sudah ada tujuh mantan lurah yang berkomunikasi dengan PAN. Menurut dia, mantan lurah memiliki daya tarik sendiri.

Selain menjadi tokoh masyarakat, juga memiliki basis massa karena pada saat menjabat harus melalui pemilihan sehingga membutuhkan banyak dukungan dari masyarakat. “Komunikasi terus dilakukan  karena masih dalam proses penjaringan,” katanya, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA: Asyik! Kini 72 Kalurahan di Gunungkidul Bisa Layani Dokumen Adminduk

Udin mengungkapkan, proses penjaringan bacaleg sudah berlangsung sejak beberap waktu lalu. Rencananya penjaringan akan ditutup pada 20 Oktober 2022, namun berdasarkan monitoring dan evaluasi dari Dewan Pengurus Pusat, maka pendaftaran bacaleg bisa diperpanjang. “Hasil dari perjaringan nanti pasti kami umumkan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Ketua DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho. Menurut dia, lurah maupun mantan lurah bisa menjadi calon yang potensial untuk mendongkrak suara dalam pemilihan.

Oleh karena itu, partainya tidak ketinggalan mendekati sejumlah bakal calon yang berasal dari mantan lurah. Malahan, Heri mengakui ada komunikasi dengan lurah masih menjabat untuk diajak bergabung.

Advertisement

“Tentunya ada. Salah satunya lurah di Kapanewon Saptosari dan Playen. Kami terus lakukan komunikasi agar mau maju di daerah pilihan masing-masing,” katanya.

Menurut dia, keberadaan para mantan lurah atau lurah aktif bisa menambah amunisi untuk meraih suara saat pemilihan. Heri tidak menampik sudah ada puluhan calon yang mau bergabung, tapi upaya penjaringan masih terus dilakukan.

“Sudah dua kali lipat dari kebutuhan di masing-masing dapil, tapi kami masih buka pendaftaran bacaleg,” katanya.

Advertisement

Heri mengakui pejaringan masih dibuka untuk mendapatkan kandidat potensial dan serius maju sebagai calon wakil rakyat. “Dibutuhkan lima calon yang serius bertarung untuk menjadi dewan di setiap dapilnya. Jumlah ini dibutuhkan agar target partai bisa terpenuhi,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement