Advertisement

Aerotropolis Kulonprogo Didesain Ulang Melibatkan Jepang

Sunartono
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Aerotropolis Kulonprogo Didesain Ulang Melibatkan Jepang Maskapai penerbangan di Bandara YIA, Kulonprogo - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY melibatkan Badan Kerja Sama Internasional Jepang atau Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk mendesain ulang kawasan Aerotropolis Kulonprogo.

Kesepakatan itu dicapai melalui penandatanganan kerja sama layanan konsultasi pembangunan aerotropolis antara Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Kepala Perwakilan JICA Indonesia Yasui Takehiro di Kompleks Kepatihan, Jumat (28/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono mengatakan kesepakatan kerja sama tersebut berkaitan dengan komitmen Pemda DIY dalam melibatkan JICA mendesain ulang dan menyusun masterplan pengembangan aerotropolis di kawasan YIA Kulonprogo. JICA dilibatkan dalam membuat masterplan agar pembangunan lebih terarah dan sesuai rencana awal di kawasan Yogyakarta International Airport atau YIA.

“Karena di dalamnya ada bandara internasional, kami berpikir konsep pembangunan kawasan dan tempat tinggal juga harus lebih baik,” katanya, Jumat (28/10).

YIA akan menjadi episentrum dari pengembangan kawasan aerotropolis. Aerotropolis ini diharapkan dapat mendukung di sisi utara YIA, yakni kawasan Magelang-Kulonprogo yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat. Di sisi lain, penumpang di YIA bisa mencapai 20 juta per tahun, sehingga lingkungan harus tertata dengan baik.

“Kami juga membahas rencana review Pelabuhan Tanjung Adikarto. Ada juga JogjaAgro Park, muaranya digitalisasi dan pengembangan berbasis teknologi informasi,” ucapnya.

Beny mengatakan Pelabuhan Tanjung Adikarto berdekatan dengan YIA sehingga masuk dalam review yang akan dilakukan JICA. Ia memastikan Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo telah memberikan data yang lengkap terkait seluk beluk kawasan yang akan dikonsep ulang tersebut.

BACA JUGA: Mulai November, Jam Operasional Bandara YIA Buka Lebih Pagi karena Ada Penerbangan ke Thailand

Advertisement

“JICA ini sudah memiliki pengalaman yang cukup terkait pengembangan aerotropolis,” katanya.

Kepala Perwakilan JICA Indonesia Yasui Takehiro mengatakan pada Juni 2022 lalu ia sudah bertemu dengan Gubernur DIY yang memintanya untuk merevisi atau mendesain ulang kawasan aerotropolis sekitar YIA. Timnya sudah melakukan survei di YIA Kulonprogo dan pada Jumat (2/10/2022) menandatangani kesepakatan kerja sama.

“Kami minta gagasan langsung dari Sri Sultan akan dijadikan seperti apa aerotropolis Kulonprogo ini ke depannya,” ucapnya usai bertemu Gubernur DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satu Keluarga Tewas di Magelang, Ditemukan di Kamar Mandi

News
| Senin, 28 November 2022, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement