Advertisement

Prediksi BMKG DIY: Hujan Intensitas Ringan-Sedang Tiga Hari Mendatang

Anisatul Umah
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Prediksi BMKG DIY: Hujan Intensitas Ringan-Sedang Tiga Hari Mendatang Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi dalam tiga hari ke depan wilayah DIY akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi mengatakan potensi hujan ini diperkirakan akan terjadi khususnya di wilayah Sleman dan Kulonprogo bagian Utara.

"Prediksi cuaca tiga hari kedepan di wilayah DIY secara umum masih kondusif potensi hujan hanya hujan ringan sesekali hujan sedang," ucapnya kepada harianjogja.com, Sabtu (29/10/2022).

Sementara, untuk satu pekan kedepan akan ada peningkatan intensitas curah hujan di wilayah Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul bagian Utara dan Kulonprogo bagian Utara. "Dengan intensitas sedang hingga lebat."

Dia menjelaskan peningkatan hujan ini dikarenakan melemahnya atau punahnya siklon tropis nalgae yang telah memasuki daratan Filipina. Sehingga pola angin di wilayah DIY berubah. Perubahan ini yang menyebabkan peningkatan massa udara di wilayah DIY.

"Masa peningkatan udara ini berpengaruh terhadap pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah DIY," jelasnya.

Advertisement

Berdasarkan info prakiraan cuaca BMKG DIY Sabtu (29/10/2022) mulai pukul 07.00 WIB, potensi hujan ringan terjadi di wilayah Kulonprogo bagian Selatan, Bantul bagian Selatan, dan Gunungkidul bagian Selatan. Siang sampai sore potensi hujan sedang hingga lebat di Sleman bagian Utara dan Kulonprogo bagian Utara.

BACA JUGA: Sampaikan Solidaritas untuk Perempuan Iran, Sejumlah Orang di Jogja Potong Rambu

Malam hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kulonprogo bagian Timur, Bantul bagian Selatan, dan Gunungkidul bagian Selatan. Lalu pada dini hari berawan. Prakiraan ini berlaku selama 24 jam.

BMKG DIY menghimbau masyarakat tetap menjaga stamina tubuh dengan berolahraga dan makan makanan yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Karena di wilayah DIY di bulan Oktober ini sudah memasuki musim penghujan. Jangan lupa bila bepergian dengan kendaraan roda dua agar di siapkan jas hujan yang setiap saat hujan dapat datang tiba tiba-tiba," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement