Advertisement

Prediksi BMKG DIY: Hujan Intensitas Ringan-Sedang Tiga Hari Mendatang

Anisatul Umah
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Prediksi BMKG DIY: Hujan Intensitas Ringan-Sedang Tiga Hari Mendatang Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi dalam tiga hari ke depan wilayah DIY akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi mengatakan potensi hujan ini diperkirakan akan terjadi khususnya di wilayah Sleman dan Kulonprogo bagian Utara.

"Prediksi cuaca tiga hari kedepan di wilayah DIY secara umum masih kondusif potensi hujan hanya hujan ringan sesekali hujan sedang," ucapnya kepada harianjogja.com, Sabtu (29/10/2022).

Sementara, untuk satu pekan kedepan akan ada peningkatan intensitas curah hujan di wilayah Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul bagian Utara dan Kulonprogo bagian Utara. "Dengan intensitas sedang hingga lebat."

Dia menjelaskan peningkatan hujan ini dikarenakan melemahnya atau punahnya siklon tropis nalgae yang telah memasuki daratan Filipina. Sehingga pola angin di wilayah DIY berubah. Perubahan ini yang menyebabkan peningkatan massa udara di wilayah DIY.

"Masa peningkatan udara ini berpengaruh terhadap pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah DIY," jelasnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berdasarkan info prakiraan cuaca BMKG DIY Sabtu (29/10/2022) mulai pukul 07.00 WIB, potensi hujan ringan terjadi di wilayah Kulonprogo bagian Selatan, Bantul bagian Selatan, dan Gunungkidul bagian Selatan. Siang sampai sore potensi hujan sedang hingga lebat di Sleman bagian Utara dan Kulonprogo bagian Utara.

BACA JUGA: Sampaikan Solidaritas untuk Perempuan Iran, Sejumlah Orang di Jogja Potong Rambu

Malam hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kulonprogo bagian Timur, Bantul bagian Selatan, dan Gunungkidul bagian Selatan. Lalu pada dini hari berawan. Prakiraan ini berlaku selama 24 jam.

BMKG DIY menghimbau masyarakat tetap menjaga stamina tubuh dengan berolahraga dan makan makanan yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Karena di wilayah DIY di bulan Oktober ini sudah memasuki musim penghujan. Jangan lupa bila bepergian dengan kendaraan roda dua agar di siapkan jas hujan yang setiap saat hujan dapat datang tiba tiba-tiba," paparnya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pencarian Korban Gempa Cianjur Hari Terakhir: 334 Meninggal, 8 Masih Hilang

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement