Advertisement

Rawan Longsor, Pemkab Bantul Tak Rekomendasikan Berdirinya Bangunan di Kawasan Bukit Bintang

Newswire
Jum'at, 04 November 2022 - 12:37 WIB
Jumali
Rawan Longsor, Pemkab Bantul Tak Rekomendasikan Berdirinya Bangunan di Kawasan Bukit Bintang Bupati Bantul Abdul Halim Muslih - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, tidak merekomendasikan berdirinya bangunan-bangunan di tebing kawasan Bukit Bintang atau tepi Jalan Jogja-Wonosari wilayah Kecamatan Piyungan karena rawan terjadi longsor.

BACA JUGA : Rekomendasi BPBD DIY Soal Kawasan Bukit Bintang

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Sesungguhnya kabupaten tidak pernah memberikan rekomendasi adanya bangunan-bangunan di tebing Bukit Bintang," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menanggapi banyaknya bangunan di kawasan Bukit Bintang Bantul, Jumat (4/11/2022).

Menurut dia, apalagi setelah kejadian tebing longsor di Jalan Jogja-Wonosari wilayah Kecamatan Piyungan pada Sabtu (29/10) hingga mengikis badan jalan utama itu perlu ada kajian keamanan terhadap bangunan-bangunan yang ada di tebing ruas jalur tersebut.

"Karena itu diperlukan kajian yang memadai kira-kira tebing-tebing itu aman tidak, rawan tidak terjadi longsor, apalagi sudah ada bangunan-bangunan," katanya.

Bupati juga mengatakan, termasuk struktur bangunan warung-warung yang ada di tebing kawasan Bukit Bintang itu perlu dikaji apakah sudah memadai dari sisi keamanan dan konstruksinya.

"Itu juga selalu kita pertanyakan, karena selama ini bangunan-bangunan itu berdiri dengan sendirinya dan tidak melalui perizinan, bisa dikatakan bangunan yang belum berizin," katanya.

Sementara itu, terkait penanganan longsor di tebing Jalan Jogja-Wonosari, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemda DIY dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar segera dilakukan penambalan supaya tidak terjadi longsor lagi.

Advertisement

"Perlu dilakukan penambalan atau pengisian kembali lubang longsor lalu dibuat tebing, karena itu daerah rawan longsor, kalau tidak ada tebingnya suatu saat bisa longsor lagi. Dan titik rawan longsor di Bantul cukup banyak, baik yang berada di jalan provinsi maupun pusat," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement